Trisna Asih Bhawantu, Trisna Asih Bhawantu (2021) PENERAPAN MODEL LATIHAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI LAMPUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA N 1 SEPUTIH MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK Trisna 1713043029 - Trisna Asih Bhawantu.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI full Trisna Asih Bhawantu Digilib - Trisna Asih Bhawantu.pdf Restricted to Hanya staf Download (1038Kb) |
||
|
File PDF
Tanpa Pembahasan dan tanpa Lampiran Trisna Asih Bhawantu Digilib - Trisna Asih Bhawantu.pdf Download (757Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran tari kreasi Lampung menggunakan model latihan inkuiri pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Seputih Mataram dilakukan untuk melihat proses dan hasil belajar pengembangan gerak tari Lampung dengan berlandaskan teori konstruktivistik. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif yang mengamati secara langsung proses dan hasil dari pembelajaran pengembangan gerak tari Lampung menggunakan model latihan inkuiri. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran menggunakan model latihan inkuiri melalui 5 tahapan yaitu berhadapan dengan masalah, penggabungan data-verifikasi, penggabungan data eksperimen, mengatur merumuskan keterangan dan analisis proses penelitian. Hasil pembelajaran diukur dengan menggunakan proses pengembangan gerak tari dan hafalan gerak pada pembelajaran disetiap pertemuan serta dengan pengamatan praktik pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan nilai pengamatan praktik, terdapat dua orang siswa yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 8 dengan kriteria baik. Sementara nilai terendah yaitu 6,5 dengan kriteria cukup dan siswa yang memperoleh nilai tersebut sebanyak dua orang. Adapun hasil belajar seluruh siswa memperoleh nilai rata-rata 7,35 dengan kriteria baik. Sehingga proses pembelajaran tari menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri terlaksana dengan hasil yang baik. Kata kunci: model latihan inkuiri, pembelajaran tari, ekstrakurikuler. Lampung dance creation learning using an inquiry training model in extracurricular at SMA Negeri 1 Seputih Mataram was carried out to see the process and learn outcomes of Lampung dance movement development based on constructivist theory. This type of research is a qualitative descriptive study that observes directly the process and results of learning the development of dance movements in Lampung using an inquiry training model. The data obtained was done by observation, interviews, and documentation. The learning process uses an inquiry training model through 5 stages, namely dealing with problems, merging data-verification, combining experimental data, arranging to formulate information and analyze the research process. Learning outcomes are measured by using the process of developing dance moves and memorizing movements in learning at each meeting and by observing practice at the end of each meeting. Based on the value of practical observations, there were two students who got the highest score, namely 8 with good criteria. While the lowest score is 6.5 with sufficient criteria and two students who get that value. The learning outcomes of all students obtained an average value of 7.35 with good criteria. The dance creation learning process using an inquiry training learning model is carried out with good results. ABSTRACK APPLICATION OF THE INQUIRY TRAINING MODEL IN LAMPUNG CREATIVE DANCE LEARNING IN EXTRACURRICULAR ACTIVITIES IN SMA N 1 SEPUTIH MATARAM By Trisna Asih Bhawantu Keywords: inquiry training model, dance learning, extracurricular.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 06:13 |
Terakhir diubah: | 28 Apr 2022 06:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60622 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |