Nurmawati, 1113119021 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI 3 SUKOHARJO 1 KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (682Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (984Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1058Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (573Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (445Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (541Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SD NEGERI 3 SUKOHARJO 1 KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU Oleh Nurmawati Suatu kegiatan pembelajaran akan sangat bermakna bagi siswa, apabila kegiatan pembelajaran tersebut mengutamakan interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan muridnya, artinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan merupakan tempat bagi siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, sehingga tujuan pendidikan yang ingin dicapai dapat terlaksana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran NHT hasil belajar siswa meningkat?, (2) Bagaimanakah Keterampilan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran di kelas VI SD Negeri 3 Sukoharjo 1?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Sukoharjo 1 Kecamatan SukoharjoKabupaten Pringsewu, dalam pembelajaran Bahasa Indonesiadengan menggunakan model pembelajaran NHT. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dan terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, penilaian/pengamatan dan refleksi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT dapat meningkatkan keterapilan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Sukoharjo 1. Pada siklus pertama keterampilan siswa rata-rata kurang terampil (48,00%) dan hasil belajar siswa berkategori kurang dengan persentase 12,00%. Dan pada siklus kedua keterampilan siswa rata-rata cukup terampil (40.00%) dan hasil belajar siswa dari 25 siswa yang tuntas pada siklus I pertemuan I 32 % dan pada pertemuan kedua 36 %, pada siklus kedua pertemuan pertama 40 % dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 83%. Jadi penggunaan model pembelajaran NHT terhadap siswa kelas VI pada siklus III dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar Bahasa Indonesia SD Negeri 3 Sukoharjo 1 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Keterampilan Belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaran NHT.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4919885 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2014 08:29 |
Terakhir diubah: | 23 Dec 2014 08:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6063 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |