HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PENDIDIK PADA MATERI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT

RISKI WAHYUNI, 1713053108 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN PENDIDIK PADA MATERI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Rizki Wahyuni.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Rizki Wahyuni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2124Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rizki Wahyuni.pdf

Download (1722Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya penguasaan pendidik pada materi, lingkungan belajar di rumah yang kurang nyaman, dan rendahnya hasil belajar tematik peserta didik. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antarapenguasaan pendidik pada materi dan lingkungan belajar di rumahsecara bersama-sama dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuntitatif dengan metode expost facto korelasi. Populasi berjumlah 120 orang peserta didik dan sampel 57 orang peserta didik dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product momentdan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan pendidik pada materi dan lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,599 berada pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci: hasil belajar tematik, lingkungan belajar di rumah, penguasaan pendidik pada materi. The problem in this research is the lack of mastery of the material by the educators, the learning environment at home is less comfortable, and the low thematic learning outcomes of students. This study aims to determine the significant relationship between teacher mastery of material and learning environment at home collectivelythe same as thematic learning outcomes. The type of research used is kuntitatif research with expost facto correlation method. The population numbered 120 students and a sample of 57 students using probability sampling techniques. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale, which had previously been tested for validity and reliability. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a significant relationship between the teacher's mastery of the material and the learning environment at home and the students' thematic learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.599 which was at the level of "Strong Enough". . Key words : thematic learning results, learning environment at home, teachers' mastery of the material.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:31
Terakhir diubah: 28 Apr 2022 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60670

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir