PERAN GURU TK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI

SERTI OKTAVIA, 1513054001 (2021) PERAN GURU TK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
2 ABSTRAK komp - Serti Oktavia (1).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL - Serti Oktavia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3918Kb)
[img]
Preview
File PDF
TANPA PEMBAHASAN - Serti Oktavia.pdf

Download (3602Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini, fokus pada penelitian ini yaitu (1) Peran Guru sebagai Perencana Pembelajaran; (2) Peran Guru sebagai Pelaksana Pembelajaran; (3) Peran Guru dalam Evaluasi Pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan sumber data yaitu Guru dari 4 TK yang dipilih. Teknik analisa, yakni: Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarikan kesimpulan. Tempat penelitian dilaksanakan di Kecamatan Krui, Lampung Barat. Hasil penelitian menunjukkan (1) Peran Guru sebagai Perencanaan Pembelajaran adalah merancang kegiatan bermain yang dapat meningkatkan kemampuan peemcahan masalah anak usia dini dengan mengambil masalah sehari-hari sebagai rencana kegiatan yang akan diselesaikan anak dan merancang kegiatan eksploratif melalui percobaan sederhana; (2) Peran Guru sebagai Pelaksana pembelajaran adalah membantu anak serta mengawasi dan mengarahkan anak agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan berbagai cara, alat, bahan, dan media lainnya; (3) Peran Guru dalam Evaluasi pembelajaran adalah melakukan penilaian terhadap kemampuan anak dan menindaklanjuti kembali apabila kemampuan pemecahan masalah anak masih belum berkembang. Saran dari hasil penelitian ini yaitu kegiatan harus lebih bervaritif , lebih saabr dalam melakukan kegiatan pemecahan masalah dan menggunakan berbagai macam metode, alat, dan bahan yang lebih sesuai. Kata Kunci: anak usia dini, pemecahan masalah, peran guru ABSTRACT The Role of Kindergaren Teacher in Improving Problem Solving Abilities of Early Children By Serti Oktavia This study aims to describe the role of teachers in improving early childhood problem solving skills, focusing on this research, namely (1) the role of teachers as lesson planners; (2) the role of teachers as implementers of learning; (3) the role of teachers as evaluator. The research method used is a qualitative approach. The technique of collecting data is through interviews with data sources, namely teachers from 4 selected kindergartens. Analysis techniques, namely: Data collection; Data reduction; Data presentation; Conclusion drawing process. The place of research was carried out in Krui District, West Lampung. The results of the study show (1) the teacher's role as lesson planner is to design play activities that can improve early childhood problem solving skills by taking everyday problems as an activity plan that children will complete and designing exploratory activities through simple experiments; (2) The role of the teacher as the implementer of learning is to help children and supervise and direct children so that these problems can be solved in various ways, tools, materials, and other media; (3) The teacher's role in learning evaluation is to assess the child's ability and follow up again if the child's problem solving ability is still not developed. Suggestions from the results of this study are that activities must be more varied, more patient in carrying out problem solving activities and use various methods, tools, and materials that are more appropriate. Keywords: early childhood, problem solving, teacher's role

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 09 May 2022 07:32
Terakhir diubah: 09 May 2022 07:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60698

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir