ANALISIS RESEPSI MAKNA MASKULINTAS PADA IKLAN TOKOPEDIA VERSI BTS

Imam Yahya, 1516031019 (2021) ANALISIS RESEPSI MAKNA MASKULINTAS PADA IKLAN TOKOPEDIA VERSI BTS. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Imam Yahya.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Imam Yahya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1782Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Imam Yahya.pdf

Download (1531Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak mengenai maskulinitas yang ditampilkan dalam iklan Tokopedia Versi BTS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis resepsi Stuart Hall dan teknik pengumpulan data dengan cara Focus Group Discussion (FGD), dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan tiga posisi makna dalam iklan Tokopedia versi BTS oleh informan. Posisi makna tersebut adalah dominant position; yaitu informan menerima sepenuhnya konsep maskulinitas pada iklan, negotiated position; yaitu informan menerima konsep maskulinitas pada personil BTS, tetapi tidak menerapkannya sebagai nilai sosial-kultural dalam kehidupan mereka, serta oppositional position; yaitu menolak konsep maskulinitas pada iklan. Hasil penelitian juga menemukan mayoritas informan berada pada posisi oppositional. Hal ini menunjukkan bahwa informan masih meyakini dan memegang konsep maskulinitas lama/tradisional, yaitu laki-laki yang berperawakan kekar, kasar, dan macho. Berbanding terbalik dengan penampilan anggota BTS yang sangat lembut, memiliki gesture yang gemulai, menggunakan makeup dan aksesoris yang biasa digunakan oleh perempuan. Kata Kunci : analisis resepsi, maskulinitas, iklan ABSTRACT RECEPTION ANALYSIS THE MEANING OF MASCULINITY ON TOKOPEDIA ADVERTISEMENT BTS VERSION Oleh Imam Yahya This study aims to find out the audience's understanding of masculinity shown in tokopedia bts version.The research methods used in this study are Stuart Hall's reception analysis and data collection techniques by way of Focus Group Discussion (FGD), documentation and library studies. The results showed three positions of meaning in the BTS version of Tokopedia ads by informants.The position of the meaning is dominant position; i.e. informants fully accept the concept of masculinity in advertising, negotiated positions; i.e. informants accept the concept of masculinity in BTS personnel, but do not apply it as a sociocultural value in their lives, as well as oppositional position; that is to reject the concept of masculinity in advertising.The results also found the majority of informants were in oppositional positions.This shows that informants still believe and hold the concept of old/traditional masculinity, namely men who are stocky, rude, and macho. In contrast to the appearance of BTS members who are very gentle, have graceful gestures, use makeup and accessories commonly used by women. Keywords: meaning, masculine, advertisement

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 09 May 2022 07:35
Terakhir diubah: 09 May 2022 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60701

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir