ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN CINCAU HITAM DI AGROINDUSTRI SUKADI KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG

RAFIF TEGAR SHIFANO, 1764131001 (2021) ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN CINCAU HITAM DI AGROINDUSTRI SUKADI KECAMATAN TANJUNG KARANG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital (1).pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital (4).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital (4).pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

This study aims were to analyze the efficiency of marketing channels and marketing strategies of black grass jelly. This research was conducted with the case study method. The research location was set at Kadi Black Grass Jelly Agroindustry in West Tanjung Karang Sub District, Bandar Lampung City, because thislocation wasthe center of the black grass jelly agroindustry in Bandar Lampung City. The number of respondents as many as 30 people who were selected by the snowball sampling method, consisting of Agroindustry owners, 10 retailers, 10 consumers, 1 expert lecturer, and The Industry and Trade Department. The analytical method used was marketing channel efficiency analysis, SWOT, and QSPM. The results showed that the two marketing channels of black grassjelly were efficient with producer's share in channel I of 60.65% and channel II of 51.56%. There were 6 priority strategies were obtained with the highest order, namely improving product quality to excel in the competition between similar products with TAS of 6.337. Keywords: agroindustry, black grass jelly, marketing channel efficiency, marketing strategy Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi saluran pemasaran dan strategi pemasaran cincau hitam. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian ditetapkan di Agroindustri Cincau Hitam Sukadi di Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung, karena lokasi ini merupakan sentral agroindustri cincau hitam yang ada di Kota Bandar Lampung. Jumlah responden sebanyak 30 orang yang dipilih dengan metode snowball sampling, yang terdiri dari Pemilik Agroindustri, 10 pedagang pengecer, 10 konsumen, 1 dosen pakar, dan dinas perindustrian dan perdagangan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis efisiensi saluran pemasaran, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua saluran pemasaran pemasaran cincau hitam sudah efisien dengan producer;s share pada saluran I sebesar 60,65% dan pada saluran II sebesar 51,56%. Terdapat 6 strategi prioritas dengan urutan tertinggi yaitu peningkatan kualitas produk agar unggul dalam persaingan antara produk sejenis dengan TAS sebesar 6,337. Kata kunci : agroindustri, cincau hitam, efisiensi saluran pemasaran, strategi pemasaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 May 2022 01:28
Terakhir diubah: 10 May 2022 01:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60713

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir