PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING, PERSEPSI PROFESI GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN IPS FKIP UNILA

DINA ANGGRAENI , 1713031024 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN MICRO TEACHING, PERSEPSI PROFESI GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN IPS FKIP UNILA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-DINA.pdf

Download (3057Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - DINA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3052Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA DINA.pdf

Download (3055Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan IPS. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitiaan ini adalah mahasiswa aktif jurusan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2017. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 72 orang mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa jurusan IPS dengan kadar determinasi sebesar 0,523 atau 52,3% minat menjadi guru dipengaruhi oleh pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga, sisanya yaitu sebesar 47,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: pembelajaran micro teaching, persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, minat menjadi guru ABSTRACT THE INFLUENCE OF MICRO TEACHING LEARNING, TEACHER PROFESSION PERCEPTION, AND FAMILY ENVIRONMENT ON SOCIAL SCIENCE STUDENTS’ INTENTION IN FKIP UNILA TO BE A TEACHER By DINA ANGGRAENI The research aims to determine the influence of micro teaching learning, teacher profession perception, and family environment on social science students’ intention to be a teacher. The research method used a descriptive verification with an ex post facto and survey approach. The population was active students of social science studentsbatch 2017 of FKIP Universitas Lampung. The samples were 72 students with non-probability sampling technique using purposive sampling. The data collection used a questionnaire. The hypothesis testing was carried out through t and F tests and then processed by the SPSS program. The research results show that there is an influence of micro teaching learning, teacher profession perception, and family environment on social science students’ intention to be a teacherwith determinant level of 0.523 or 52.3 percent of students’ intention to be a teacher is influenced by micro teaching learning, teacher profession perception, and the family environment, while the rest of 47.7 percent is influenced by other factors. Keywords: family environment, intention, micro teaching learning, teacher professionperception

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 10 May 2022 02:33
Terakhir diubah: 10 May 2022 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60742

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir