MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 4 PRINGSEWU

Heru Siswanto, 1924012010 (2021) MANAJEMEN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 4 PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - HERU.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - HERU.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (741Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA HERU.pdf

Download (603Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan manajemen sekolah ramah anak di SMP Negeri 4 Pringsewu yang yang dimulai pada tahap perencanaan , pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini berfokus pada enam komponen sekolah ramah anak. Penulis menggunakan Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tahap (1) Perencanaan program sekolah ramah anak di SMP Negeri 4 Pringsewu diawali dari rapat pembentukan panitia pelaksana program sekolah ramah anak dan mengananalisis situasi dan identifikasi masalah, menetukan skala prioritas, membuat program kerja sekolah ramah anak, dan menyusun rencana kerja operasional serta adanya komitmen yang tinggi dan persamaan persepsi untuk melaksanakan program sekolah ramah anak; (2) Pengorganisasian melalui tahap proses penyusunan struktur organisasi, sumber daya yang dimilikinya, dan lingkungan yang melingkupinya. Pembagian kerja dilakukan dengan cara pemerincian tugas agar setiap individu dalam organisasi bertanggung jawab untuk dan melaksanakan tugas sesuai tupoksinya; (3) Pelaksanaan yang dilakukan yaitu dengan cara adanya komitmen yang tinggi dan persepsepsi yang sama dari warga sekolah untuk melaksanakan sekolah ramah anak dan adanya komunikasi yang baik dan konsisten antara pihak sekolah dengan masyarakat dan stekholder, melalui proses rapat wali murid, sosialisasi dan forum silahturahmi dengan wali murid; dan (4) Pengawasan dilaksanakan oleh kepala sekolah secara berkala sebagai pemimpin pendidikan tertinggi di sekolah ini. Namun pada pelaksanaan tetap melibatkan berbagai pihak baik dari komite, wakil bidang kesiswaan, wakil bidang kurikulum, guru atau staf, dan wali siswa. Kata kunci : Manajemen, Sekolah, Sekolah Ramah Anak ABSTRACT CHILD-FRIENDLY SCHOOL MANAGEMENT IN SMP NEGERI 4 PRINGSEWU By Heru Siswanto This study aims to analyze and describe the management of child-friendly schools at SMP Negeri 4 Pringsewu through four stages: planning, organizing, implementing, and monitoring. This study focuses on six components of childfriendly schools. The author uses a descriptive qualitative research approach with data collection techniques through observation, interviews, and document study. The results showed (1) planning a child-friendly school program at SMP Negeri 4 Pringsewu begins with a meeting to form a committee for implementing a childfriendly school program and analyzes the situation and identifies problems, determines the priority scale, makes child-friendly school work programs, and prepares operational work plans and the existence of high commitment and shared perceptions to implement child-friendly school programs; (2) Organizing is carried out through the stages of the process of preparing the organizational structure, the resources it has, and the environment that surrounds it. The distribution of work is carried out by way of job descriptions so that each individual in the organization is responsible for and carries out the tasks according to their main duties; (3) The implementation is carried out by means of a high commitment and the same perception of the school community to implement child-friendly schools and the existence of good and consistent communication between the school and the community and stakeholders through the process of parent meetings, socialization and friendship forums with parents; and (4) Supervision is carried out by the principal on a regular basis as the highest education leader in this school. However, the implementation still involves various parties such as school committees, student representatives, curriculum representatives, teachers or staff, and parents. Keywords: management, school, child-friendly school

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 10 May 2022 02:31
Terakhir diubah: 10 May 2022 02:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60745

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir