PENGEMBANGAN DESAIN KEGIATAN PEMBELAJARAN DRAMA MODERN PADA SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS–AUDITORI–VISUAL–INTELEKTUAL)

CLAUDIA REHCT RIADI, 1713041032 (2021) PENGEMBANGAN DESAIN KEGIATAN PEMBELAJARAN DRAMA MODERN PADA SISWA KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS–AUDITORI–VISUAL–INTELEKTUAL). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - Atalah Printing (5).pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing (4).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1754Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing (4).pdf

Download (1675Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana rancangan desain kegiatan pembelajaran drama modern menggunakan pendekatan SAVI dan bagaimana kelayakan desain kegiatan pembelajaran drama modern menggunakan pendekatan SAVI untuk SMP kelas VIII yang dikembangkan berdasarkan ahli materi dan praktisi. Tujuan penelitian ini ialah merancang desain kegiatan pembelajaran drama modern dan mengevaluasi kelayakan desain kegiatan pembelajaran drama modern menggunakan pendekatan SAVI untuk kelas VIII SMP yang dikembangkan berdasarkan ahli materi dan praktisi. Penelitian ini menggunakan teori Borg & Gall dengan metode Research and Development yang mengambil 5 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Data penelitian ini diambil secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh pada saat studi pendahuluan dan data kuantitatif diperoleh dari kuisioner hasil validasi ahli materi dan praktisi. Hasil penelitian desain kegiatan pembelajaran drama modern menggunakan pendekatan SAVI layak digunakan untuk siswa kelas VIII SMP. Hal tersebut didukung oleh penilaian ahli materi dan praktisi. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor 88 dengan rata-rata 4,40 memperoleh persentase 88% berkategori sangat layak. Validasi oleh praktisi diperoleh skor 57 dengan rata-rata 4,75 memperoleh persentase 95% berkategori sangat layak. Hasil akhir validasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa produk desain kegiatan pembelajaran drama layak digunakan untuk siswa kelas VIII SMP. Kata kunci : pengembangan desain kegiatan pembelajaran, drama modern, pendekatan SAVI.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 May 2022 06:26
Terakhir diubah: 10 May 2022 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60774

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir