PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SOMATIK, AUDIO, VISUAL, DAN INTELEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN

Reni Febriyenti, 1723053028 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SOMATIK, AUDIO, VISUAL, DAN INTELEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak - Reni Febriyenti.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Tanpa Lampiran - Reni Febriyenti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (894Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Tanpa Pembahasan - Reni Febriyenti.pdf

Download (807Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan dan efektivitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran SAVI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada teori Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Metro Timur dan sampel ditentukan secara purposive sampling sebanyak 40 peserta didik terbagi pada kelas eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, angket, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji n-Gain untuk mengetahui efektivitasnya. Hasil validasi lembar kerja peserta didik berbasis SAVI dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis SAVI yang dihasilkan valid dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas V. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis SAVI. Keyword: lembar kerja, berpikir kritis, SAVI The purpose of this research and development is to describe the validity and effectiveness of developing student worksheets based on the SAVI learning model in improving students' critical thinking skills. This type of research is research and development that refers to the theory of Borg and Gall. The population of this study was the fifth grade elementary school students in East Metro District and the sample was determined by purposive sampling as many as 40 students divided into experimental and control classes. Data was collected through observation sheets, questionnaires, and test questions. The data analysis technique used is the n-Gain test to determine its effectiveness. The results of the validation of the SAVI-based student worksheets were carried out by material, media, and language experts. The results showed that the SAVI-based student worksheet development product was valid and effective for use in the learning process of fifth grade students. This was evidenced by the improvement in students' critical thinking after using the SAVI-based student worksheet. Keyword: worksheets, critical thinking, SAVI.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 10 May 2022 06:42
Terakhir diubah: 10 May 2022 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60784

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir