PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT

DESI ROHANA, 1613053111 (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak-Desi Rohana-1613053111 - Desi Rohana.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Full-Desi Rohana-1613053111 - Desi Rohana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1622Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Full tanpa pembahasan-desi Rohana-1613053111 - Desi Rohana.pdf

Download (1500Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning dengan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah teknik nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 48 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model problem based learning dengan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Barat serta terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan kriteria “sedang”. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, media diorama, problem based learning. ABSTRACT THE INFLUENCE OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL WITH DIORAMA MEDIA ON CREATIVE THINGKING SKILLS OF Vth GRADE STUDENT SD NEGERI 4 METRO BARAT By DESI ROHANA The problem of this research was the low creative thinking skills of students in Vth grade student of SD Negeri 4 Metro Barat. This study aims to find out the influence of problem based learning model with diorama media on creative thinking skills. The type of research was quasi experimental design. The research design used non-equivalent control group design technique. This study used saturated sample techniques with a total of 48 students. The instruments used in this study were tests and non-tests. The data were analyzed using a simple linear regression test. The results of the study can be concluded that there was a positive and significant influence of the application of problem based learning model with diorama media to the creative thinking skills of students in Vth grade of SD Negeri 4 Metro Barat and there was an increase in the creative thinking skills of students with"medium" criteria. Keywords: creative thinking skills, diorama media, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 10 May 2022 06:45
Terakhir diubah: 10 May 2022 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir