UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL ROLE PAYING KELAS IVA SD NEGERI 06 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, Armala Sari (2011) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL ROLE PAYING KELAS IVA SD NEGERI 06 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Coverf.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstraks.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (121Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (455Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version

Download (967Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran PKn di Kelas IVA SD Negeri 6 Metro Timur tahun pelajaran 2010/2011 masih belum melibatkan peran peserta didik secara optimal. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut, melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan model role playing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn peserta didik Kelas IVA SD Negeri 6 Metro Timur, melalui implementasi model role playing. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian dindakan kelas dengan tahapan, 1) perencanan, 2) tindakan, 3) observasi dan evaluasi, dan 4) refleksi dalam penelitian ini terdiri dari III siklus, setiap siklus II kali pertemuan. Data yang diambil meliputi nilai aktivitas belajar peserta didik menggunakan lembar observasi, dan data hasil belajar peserta didik, pengelolaan pembelajaran oleh guru menggunakan lembar observasi kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan, (a) nilai rata-rata aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dengan hasil 58,87 % (siklus I), 64,09 % (siklus II), dan 75,80% (siklus III); (b) nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat dengan hasil 63,53 (siklus I), 67,61 (siklus II), dan 76,48 (siklus III). Artinya, pembelajaran PKn dengan model role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, PKn, role playing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 22 Jan 2014 03:00
Terakhir diubah: 22 Jan 2014 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir