PERANCANGAN SEKOLAH INKLUSI DENGAN PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN DI KABUPATEN PRINGSEWU

MUHAMMAD IRVAN AL AZIZ, 1615012020 (2021) PERANCANGAN SEKOLAH INKLUSI DENGAN PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN DI KABUPATEN PRINGSEWU. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
Abstrak_Muhammad Irvan Al Aziz_1615012020-compressed - Muhammad Irvan Al Aziz.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Srikpsi_Muhammad Irvan Al Aziz_1615012020_compressed - Muhammad Irvan Al Aziz.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
Srikpsi tanpa pembahasan_Muhammad Irvan Al Aziz_1615012020_compressed - Muhammad Irvan Al Aziz.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PERANCANGAN SEKOLAH INKLUSI DENGAN PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN DI KABUPATEN PRINGSEWU Oleh MUHAMMAD IRVAN AL AZIZ Berdasarkan penjelasan dari “Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan Provinsi Lampung Tahun 2015-2019” dari Pemerintah Provinsi Lampung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berisikan tentang Rancangan Pendidikan Khusus tahun 2015-2019 bertujuan untuk terjaminnya layanan pendidikan yang terjangkau, berkesetaraan dan bermutu. Pendekatan pada sekolah inklusi ialah prinsip dari Universal Design dan prinsip pendekatan desain penunjang terwujudnya Sekolah Inklusi yang tepat yakni fleksibilitas ruang dan bangunan aksesibel. Hal ini merupakan pendekatan yang tepat karena dapat menghubungkan atau mengiris kegiatan dan kebutuhan yang sedikit berbeda menjadi satu kesatuan fasilitas yang utuh pada sekolah inklusi tersebut. Sekolah inklusi menjadi wadah Pendidikan bagi peserta didik regular dan berkebutuhan khusus sehingga dapat terciptanya lingkungan tanpa adanya kesenjangan sosial, selain itu juga dapat membantu program penyelanggaran Pendidikan inklusif terutama di Provinsi Lampung pada tahun 2014. Kecamatan Gadingrejo merupakan Kawasan yang terpilih sebagai tapak perancangan, hal ini berdasarkan dari perbandingan rasio jumlah penyedia Pendidikan inklusif dengan peserta didik regular dan berkebutuhan khusus. Kata kunci : Pendidikan inklusif, Sekolah Inklusi, Provinsi Lampung, Universal Design. ABSTRACT INCLUSION SCHOOL DESIGN WITH A UNIVERSAL DESIGN APPROACH IN PRINGSEWU DISTRICT By MUHAMMAD IRVAN AL AZIZ Based on the explanation of the "Lampung Provincial Education Development Strategic Plan 2015-2019" from the Lampung Provincial Government the Education and Culture Office contains the 2015-2019 Special Education Plan aimed at ensuring affordable, equitable and quality education services. The approach to inclusive schools is the principle of Universal Design and the principles of the design approach to support the realization of the right inclusive school, namely the flexibility of space and accessible buildings. This is the right approach because it can connect or slice slightly different activities and needs into one unified whole facility at the inclusive school. Inclusive schools are a place for education for regular students and special needs so that an environment can be created without social inequality, besides that it can also help implement inclusive education programs, especially in Lampung Province in 2014. Gadingrejo District is an area that was chosen as the design site, this is based on the comparison of the ratio of the number of providers of inclusive education to regular students and students with special needs. Keywords : Inclusive education, Inclusive Schools, Lampung Province, Universal Design.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Arsitektur
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 12 May 2022 01:21
Terakhir diubah: 12 May 2022 01:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60853

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir