HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

ENI SEPTIANI, RENALDY FAQIH MUZAKI (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Eni Septiani.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Eni Septiani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1486Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Eni Septiani.pdf

Download (1193Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dan hasil belajar matematika, hubungan antara disiplin belajar dan hasil belajar matematika dan hubungan antara motivasi belajar ekstrinsik dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SD Negeri 4 Sumberejo. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 55 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik dan disiplin belajar dengan hasil belajar matematika kelas V peserta didik di SD Negeri 4 Sumberejo dengan koefisien korelasi sebesar 0,501 bertanda positif dengan kriteria “sedang”. Kata kunci : motivasi belajar ekstrinsik, disiplin belajar, hasil belajar matematika The problem with this study is low mathematics learning outcomes of students. This study aimed to determine a relationship between learning extrinsic motivation and mathematics learning outcomes, relationship between learning discipline and mathematics learning outcomes, and relationshiop between learning extrinsic motivation and learning discipline to mathematics learning outcomes of students grade V at SD Negeri 4 Sumberejo. This type of research is quantitative by an ex-postfacto correlation research method. The population in this study is 55 students. Sample retrieval techniques used a total sampling. Data collection techniques was used in the form of questionnaires and documentation. Data analysis techniques using statistical tests of multiple correlation. Research shows that there is a significant reationship between learning extrinsic motivation and learning discipline with the mathematics learning outcomes of students grade V at SD Negeri 4 Sumberejo with a coefficient correlation of 0,501 positive with “moderate” criteria. Keywords: learning extrinsic motivation, learning discipline, mathematics learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 12 May 2022 01:15
Terakhir diubah: 12 May 2022 01:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60858

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir