Diana Kusuma Putri, 1713043039 (2021) PEMBELAJARAN TARI SELAPANAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMK NEGERI 1 BAKAUHENI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - DIANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL - DIANA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2237Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA DIANA.pdf Download (2203Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
i ABSTRAK PEMBELAJARAN TARI SELAPANAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMK NEGERI 1 BAKAUHENI Oleh Diana Kusuma Putri Pembelajaran tari selapanan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemampuan, gaya belajar siswa dan minat di SMK N 1 Bakaueni. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran tari selapanan menggunakan model Discovery Learning di SMK N 1 Bakauheni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran tari selapanan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di SMK N 1 Bakauheni dilakukan dalam tiga langkah yaitu Stimulation (memperhatikan) yakni guru menstimulus siswa dengan memberikan pertanyaan tentang seni tari dan tari Selapanan dan siswa memperhatikan pertanyaan untuk bisa menjawab pada tahap menganalisis. Analysis (menganalisis) siswa mampu menjawab dan menganalisis materi berupa pengertian tari, sejarah tari, dan ragam gerak tari Selapanan. Verification (pembuktian) siswa mampu membuktikan hasil analisis secara praktik yaitu memperagakan seluruh ragam gerak tari Selapanan. Serta berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran telah dihitung skor 3 dengan nilai 74 dan mendapat kriteria cukup. Kata Kunci: tari selapanan, discovery learning, pembelajaran ii ABSTRACT SELAPANAN DANCE LEARNING USING DISCOVERY LEARNING LEARNING MODEL AT SMK NEGERI 1 BAKAUHENI BY Diana Kusuma Putri Selapanan dance learning using Discovery Learning learning model is one way to determine the ability, learning style and interest in SMK N 1 Bakaueni. The purpose of this study was to determine the process and learning outcomes of Selapanan dance using the Discovery Learning model at SMK N 1 Bakauheni. This study used descriptive qualitative method. The data obtained in trough of observations, interviews and documentation and then analyzed the data through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that learning of Selapanan dance using the Discovery Learning learning model at SMK N 1 Bakauheni is carried out in three stages, namely Stimulation (paying attention) namely the teacher stimulates students by asking questions about the art of dance and Selapanan dance and students pay attention to questions to be able to answer at the analyzing stage. Analysis (analyzing) students are able to answer and analyze material in the form of understanding dance, dance history, and the variety of Selapanan dance movements. Verification (proof) students are able to prove the results of the analysis in practice, namely demonstrating all the various movements of the Selapanan dance. And based on the results of observations of the learning process, a score of 3 has been calculated with a value of 74 and has received sufficient criteria. Key Words : Selapanan dance, discovery learning, learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 12 May 2022 02:28 |
Terakhir diubah: | 12 May 2022 02:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60877 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |