PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) APRESIASI NOVEL BERORIENTASI PADA PENDIDIKAN KARAKTER

Refie Lutfie Anissa, 1753041006 (2021) PENGEMBANGAN DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) APRESIASI NOVEL BERORIENTASI PADA PENDIDIKAN KARAKTER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing (7).pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing (6).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing (6).pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengembangan desain LKPD apresiasi novel berorientasi pada pendidikan karakter beserta kelayakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan desain LKPD apresiasi novel berorientasi pada pendidikan karakter dan mengukur kelayakan produk LKPD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan Research and development (R&D). Prosedur pengembangan dilakukan berdasarkan teori Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perancangan produk, pengembangan produk, uji validasi, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk wawancara, kuesioner (angket) pendidik dan angket ahli. Hasil penelitian ini berupa produk LKPD Menelusuri dan Mengulas Nilai-Nilai dalam Novel yang secara umum sudah memenuhi kebutuhan LKPD dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMA. LKPD tersebut memuat materi mengenai nilai-nilai dalam buku fiksi, langkah-langkah kegiatan, tugas individu, tugas kelompok, lembar kerja, dan penilaian diri bagi peserta didik. LKPD i Menelusuri dan Mengulas Nilai-Nilai dalam Novel telah diuji oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan guru Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, bahasa dan media dengan persentase 90,96% kategori sangat layak dan hasil validasi dari praktisi guru bahasa Indonesia dengan persentase 78,75% kategori layak, maka peneliti menyatakan LKPD layak karena semua saran dan masukan telah ditindak lanjuti melalui tahapan revisi. Hal tersebut dilakukan guna menyempurnakan produk LKPD sehingga menghasilkan produk akhir LKPD yang layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : pengembangan, desain, LKPD, novel.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 May 2022 02:37
Terakhir diubah: 12 May 2022 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60900

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir