PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014)

Tiara Putri, 0913024118 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (735Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (668Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (436Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (413Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014) Oleh Tiara Putri Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Dalam pembelajaran guru berhadapan dengan sejumlah siswa berbagai macam latar belakang, sikap, dan potensi, yang semua itu berpengaruh terhadap kebiasaan dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran biologi di SMP Negeri 18 Bandar Lampung, dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif karena masih berlangsung secara konvensional. Yang berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasinya adalah dengan penggunaan model Learning Cycle (LC), agar siswa dapat lebih aktif sehingga dapat lebih menguasai materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model LC terhadap aktivitas dan penguasaan materi pokok ekosistem oleh siswa dan untuk mengetahui manakah aktivitas dan penguasaan materi pokok ekosistem yang lebih tinggi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIF dan VIIG yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Data penelitian berupa nilai penguasaan Materi Pokok Ekosistem yang diperoleh dari pretes, postes, dan N gain siswa pada setiap pertemuan kemudian analisis secara statistik uji Mann-Whitney U menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model LC dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkategori tinggi yaitu 80,39 % hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan pendapat/ide berkategori sangat tinggi (94,12%); kemampuan bertanya berkategori sedang (74,45%); bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan tugas kelompok berkategori tinggi (87,25%); bertukar informasi berkategori tinggi (88,24%); mempresentasikan hasil diskusi kelompok berkategori tinggi (81,37%). Penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan dengan skor probabilitas N-gain (0,00>0,05) yang artinya n-gain pada kelas eksperimen dan kontrol berbeda signifikan. Peningkatan penguasaan materi juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C1,C2, C3, dan C4) dengan rata-rata berkriteria berbeda signifikan. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model LC. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model LC berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci : Model Learning Cycle, Aktivitas, Penguasaan Materi, Ekosistem.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 382879 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2014 07:17
Terakhir diubah: 29 Dec 2014 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir