SITI NUR ASRI, 1513024054 (2021) KAJIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS N 1 BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. FAKULTAS MATEMATIKA ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing.pdf Restricted to Hanya staf Download (3947Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing.pdf Download (3942Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK KAJIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS N 1 BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA Oleh SITI NUR ASRI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada penggunaan model pembelajaran ADI, perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara laki-laki dan perempuan pada penggunaan model pembelajaran ADI. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII F yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Metode penelitiannya quasi experiment dengan rancangan Single Group Pretest- Postes Design. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa nilai keterampilan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Sementara, data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan data hasil analisis angket tanggapan peserta didik. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis secara statistic dengan uji independent sample t-test pada tarafnya 5 % masing- masing. Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran ADI serta data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri 1 Bandar Lampung melalui penggunaan model Argument Driven Inkuiri (ADI) pada materi pokok Sistem Pencernaan Manusia. Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa perempuan yang ditunjukkan dengan nilai N-gain adalah sebesar 0,150 dan pada siswa laki-laki yaitu 0,099. Rata-rata perbedaan nilai N-gain siswa perempuan dan laki-laki adalah 0,053. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran dengan model ADI berkriteria hampir semua terlaksana baik ditinjau dari aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Siswa memberi tanggapan yang baik sebesar 30% dan sisanya memberikan tanggapan yang berkriteria cukup. Kata kunci : Argument-Driven Inquiry, Hasil Belajar, Kerampilan Berpikir Kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 12 May 2022 06:55 |
Terakhir diubah: | 12 May 2022 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60933 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |