PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 GEDUNG KARYA JITU

NURUL FITRI RS, 1713053010 (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 GEDUNG KARYA JITU. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
7. ABSTRAK PDF - Nurul Fitri rs.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img] File PDF
8. FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Nurul Fitri rs.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3044Kb)
[img]
Preview
File PDF
9. skripsi bab 1 dan 3 baru - Nurul Fitri rs.pdf

Download (3286Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kreativitas peserta didik di SD Negeri 1 Gedung Karya Jitu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STEAM terhadap kreativitas peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IVA dan IVB, sebanyak 43 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes, lembar observasi peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pendekatan STEAM. Analisis data menggunakan N-Gain, regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan STEAM berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gedung Karya Jitu Tahun Pelajaran 2020/2021 sebesar 66,9% dengan korelasi berkategorikan sangat kuat sebesar 0,818. Kata Kunci: STEAM, kreativitas The problem of this research was the low ability of students’ creativity in SD Negeri 1 Gedung Karya Jitu. The purpose of this study was to determine the effect of applying the STEAM approach to the creativity of students in integrated thematic learning. The type of research used is experimental research. The research design is Quasi Experimental Design in the form of Nonequivalent Control Group Design. This study uses Non Probability Sampling, with the research subjects of class IVA and IVB students, as many as 43 students. The data collection method used test instruments, student observation sheets and observation sheets for the implementation of the STEAM approach. Data analysis using N-Gain, simple linear regression and t test. The results showed that the application of the STEAM approach had an effect on the creativity of the fourth grade students of SD Negeri 1 Gedung Karya Jitu for the 2020/2021 academic year by 66.9% with a very strong categorical correlation (0.818). Keywords: STEAM, creativity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 12 May 2022 06:47
Terakhir diubah: 12 May 2022 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60955

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir