PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP

NOVI TRIYANI, 1613041022 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Novi T.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Novi T.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Novi T.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan produk instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada siswa kelas VIII SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk instrumen penilaian pembelajaran berupa instrumen penilaian pilihan ganda dan uraian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dalam pembelajaran menulis teks puisi. Penelitian ini menggunakan metode R and D (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu potensi dan masalah, desain produk, validasi desain, dan revisi produk. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan 20 butir soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli materi dan praktisi yang masing-masing menyatakan layak digunakan dengan revisi. Hasil validasi dengan ahli materi ii diperoleh rerata pesersentase 91,25% dengan kategori layak digunakan dengan revisi dan hasil validasi dengan praktisi diperoleh rerata persentase 91,1% dengan kategori layak digunakan dengan revisi. Ahli materi memberi masukan berupa penambahan KD, IPK, serta tujuan pembelajaran dalam produk soal, dan telah dilakukan perbaikan sesuai dengan masukan dari ahli materi dengan melampirkan KD, IPK, dan tujuan pembelajaran dalam produk soal. Kemudian berdasarkan masukan dari praktisi, perbaikan dalam kesalahan penulisan sang pencipta, melintaslintas, mengahadapi, berlar, serta asalah, dan telah dilakukan perbaikan sesuai dengan masukan dari praktisi. Kata kunci : Pengembangan Instrumen Penilaian, Pembelajaran Puisi, HOTS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 12 May 2022 07:48
Terakhir diubah: 12 May 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir