PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HARI RAYA AGAMA BUDDHA DI SEKOLAH MINGGU BUDDHIS VIHARA BODHISATTVA BANDAR LAMPUNG

PEBRIANTO, 1923011005 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI HARI RAYA AGAMA BUDDHA DI SEKOLAH MINGGU BUDDHIS VIHARA BODHISATTVA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atika Nur Hidayati.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL - Atika Nur Hidayati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3042Kb)
[img]
Preview
File PDF
TANPA BAB 4 - Atika Nur Hidayati.pdf

Download (2606Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: menganalisis potensi dan kondisi peserta didik sekolah minggu Buddhis siswa SD Kelas VI (enam), menganalisis proses pengembangan multimedia pembelajaran pada materi hari raya agama Buddha di sekolah minggu buddhis, menganalisis karakter produk multimedia pembelajaran pada materi hari raya agama buddha di sekolah minggu buddhis, menganalisis respon pengguna multimedia pembelajaran sekolah minggu buddhis materi hari raya agama buddha. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI (enam) di Vihara Bodhisattva Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi kemudian dianalisis. Desain penelitian pengembangan ini mengacu pada Borg and Gall yang hanya dilakukan sampai pada tahap ke- 6 (enam) dengan hasil uji validasi ahli materi mendapat skor rata-rata 93,58% dengan kriteria sangat layak, dan validasi ahli media dengan skor rata-rata 75,5 dengan kriteria layak, dan hasil validasi uji ahli desain menunjukan bahwa produk dalam kategori baik dan layak digunakan, karakteristik dari produk yang dikembangkan berdasarkan konsep, teori, prinsip dan prosedur teknologi Pendidikan dalam mengelola pembelajaran dengan memenuhi aspek kemenarikan, kemudahan dan bermanfaat. tanggapan/respon guru terhadap produk yang dikembangkan menunjukkan persentase 81,66% dengan predikat sangat menarik sedangkan tanggapan/respon siswa terhadap produk yang dikembangkan menunjukkan persentase 81,88% dengan sangat menarik. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Materi Hari Raya Agama Buddha, dan Sekolah Minggu Buddhis This research is a development research that aims to: analyze the potential and condition of Buddhist Sunday school students in Class VI (six) elementary school students, analyze the process of developing learning multimedia on Buddhist religious holiday materials in Buddhist Sunday schools, analyze the character of multimedia learning products on the material of the day. Buddhist Sunday School in Buddhist Sunday School, analyzing user responses to Buddhist Sunday School learning multimedia material for Buddhist holidays. The research subjects were students of class VI (six) at the Vihara Bodhisattva Bandar Lampung for the academic year 2020/2021. Data collection techniques used were questionnaires, interviews and observations and then analyzed. This development research design refers to Borg and Gall which is only carried out until the 6th (six) stage with the results of the material expert validation test getting an average score of 93.58% with very feasible criteria, and media expert validation with an average score 75.5 with proper criteria, and the results of the design expert test validation show that the product is in a good category and is suitable for use, the characteristics of the product developed based on the concepts, theories, principles and procedures of Educational technology in managing learning by fulfilling the attractiveness, convenience and usefulness aspects. The teacher's response/response to the developed product showed a percentage of 81.66% with a very interesting predicate, while the student's response/response to the developed product showed a very interesting percentage of 81.88%. Keywords: Multimedia Learning, Materials for Buddhist Holidays, and Buddhist Sunday Schools

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 12 May 2022 08:09
Terakhir diubah: 12 May 2022 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61001

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir