PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK

Triyas Setiyabudi, 1713022018 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - triyasgavin.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - triyasgavin.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3674Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - triyasgavin.pdf

Download (3560Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek yang valid, reliabel, dan praktis. Desain pengembangan dilaksanakan menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi menjadi 7 langkah pengembangan, yakni: (1) Research and information collection; (2) Planning; (3) Product develop Preliminary; (4) Preliminary Field Testing; (5) Main Product Revision; (6) Main Field Testing; (7) Operational Product Revision. Subjek penelitian yaitu instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek. Instrumen penilaian yang dikembangkan merupakan penilaian nontes dengan teknik observasi sistematis yang berbentuk instrumen penilaian yang diisi oleh guru dalam proses pembelajaran. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilaksanakan oleh tiga orang ahli dan uji kepraktisan instrumen dilaksanakan oleh tiga orang guru fisika. Hasil analisis data uji validasi menunjukkan bahwa instrumen penilaian kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek valid secara konstruksi, substansi, dan bahasa dengan nilai 0,86 dengan kriteria validitas instrumen sangat tinggi. Instrumen penilaian memiliki reliabilitas sebesar 0,77 dengan kategori reliabilitas tinggi. Respon kepraktisan instrumen oleh tiga guru fisika sebesar 85,6% dengan kriteria sangat tinggi atau praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan komunikasi dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran fisika berbasis proyek valid, reliabel, dan praktis. Kata Kunci: Instrumen penilaian, komunikasi, tanggung jawab.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 May 2022 01:44
Terakhir diubah: 13 May 2022 01:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61029

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir