PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM POTENSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS V SD

Pihraf Risana, 1723053011 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT DALAM POTENSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK KELAS V SD. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Pihraf Risana - Pihraf Risana.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL TESIS tanpa LAMPIRAN ISI - Pihraf Risana - Pihraf Risana.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1297Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL TESIS tanpa PEMBAHASAN - Pihraf Risana - Pihraf Risana.pdf

Download (1064Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian bertujuan terwujudnya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam potensi meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang layak secara teoritis dan digunakan oleh pendidik pada pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah pendidik kelas V SD yang berjumlah empat pendidik yang sekaligus dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian adalah pengembangan LKPD berbasis STM dengan menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall hanya sampai pada tahap lima meliputi (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) rancangan produk; (3) validasi rancangan produk; (4) revisi produk, dan (5) validasi pengguna produk. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dengan memperoleh hasil persentase sebesar 92,18% kriteria sangat valid dan dapat digunakan, validasi ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 90,28% kriteria sangat valid dapat digunakan, validasi ahli bahasa memperoleh nilai persentase sebesar 90% kriteria sangat valid dan dapat digunakan. Validasi ahli praktisi yaitu pendidik kelas V SD yang berjumlah empat orang pendidik dengan perolehan nilai persentase sebesar 88,83% kriteria sangat valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD hasil pengembangan jika digunakan dalam pembelajaran berpotensi meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci : LKPD, Sains Teknologi Masyarakat, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir tingkat tinggi The aim of the research is to create a student worksheet based on Science Technology Society in the potential to improve students' communication and higher-order thinking skills which are theoretically feasible and used by educators in classroom learning. The research method used is development research. The research population was fifth grade elementary school educators, totaling four educators who are also used as samples. This study uses a qualitative descriptive analysis. The product produced in the research is the development of Science Technology Society-based students worksheet using research and development procedures Borg and Gall's Research and Development (R&D) only reached stage five including (1) knowing of potentials and problems; (2) product design; (3) product design validation; (4) product revision, and (5) product user validation. The results of product development were validated by material experts by obtaining a percentage result of 92.18% eligible criteria and usable, media expert validation obtained a percentage value of 90.28% eligible criteria and could be used, linguist validation obtained a percentage value of 90% eligible criteria and usable. Validation by users, namely fifth grade elementary school educators, totaling four educators with a percentage score of 88.83%, the criteria are eligible and can be used. Keywords : LKPD, Science Technology Society, communication skills, higher order thinking skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 May 2022 01:43
Terakhir diubah: 13 May 2022 01:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61032

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir