ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP NEGERI 15 BANDARLAMPUNG

Ririn Annisatul Muflikhah, 1613024047 (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP NEGERI 15 BANDARLAMPUNG. FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Ririn Annisatul.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL Ririn Annisatul M. (1613024047) - Ririn Annisatul.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Ririn Annisatul.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP NEGERI 15 BANDARLAMPUNG Oleh Ririn Annisatul Muflikhah Kemampuan pemahaman konsep merupakan suatu hal yang penting bagi peserta didik dalam pembelajaran abad ke-21, karena dengan penguasaan konsep yang baik akan memudahkan peserta didik dalam mempelajari IPA (Biologi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 15 Bandarlampung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 53 peserta didik. Data tingkat pemahaman konsep peserta didik diambil menggunakan instrumen tes yang terdiri dari 15 soal essay dan disebarkan melalui platform google form. Data tingkat pemahaman konsep peserta didik dianalisis secara deskriptif dengan mencocokkan perolehan persentase nilai pada tabel kriteria tingkat kemampuan prestasi belajar peserta didik dan ditentukan level pemahaman konsepnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 15 Bandarlampung dengan rata-rata 59,3% dan termasuk ke dalam kategori sedang. Pemahaman konsep peserta didik diklasifikasikan menjadi 3 kriteria yaitu paham konsep dengan persentase 42,89%, kriteria miskonsepsi dengan persentase 30,19%, dan kriteria tidak paham konsep dengan persentase 26,92%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah di SMP Negeri 15 Bandarlampung berada pada kategori sedang. Kata kunci: Sistem Peredaran Darah Manusia, Pemahaman Konsep Biologi, Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 May 2022 07:53
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61048

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir