PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI BELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII

TIA OKTARIAINI, NPM 1713041029 (2021) PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI BELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK TIA OKTARIAINI - Tya Oktari.pdf

Download (286Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Tia Oktariaini Upload Digilib - Tya Oktari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1898Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN TIA OKTARIAINI - Tya Oktari.pdf

Download (1678Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGGUNAAN BAHASA PERSUASI PADA IKLAN APLIKASI BELANJA ONLINE DI YOUTUBE PUBLIKASI APRIL-JULI 2020 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII Oleh Tia Oktariaini Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa persuasi pada iklan aplikasi belanja online di Youtube dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa persuasi pada iklan aplikasi belanja online di Youtube publikasi April—Juli 2020 dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah iklan aplikasi belanja online di Youtube yang terdiri atas iklan Shopee, Lazada, Blibli.com, Bukalapak, dan OLX publikasi April — Juli 2020. yang penulis ambil dari beberapa saluran, yaitu Shopee Indonesia, Bli.bli.com, Lazada Indonesia, Deddy Corbuzier, Prilly Latuconsina, Korea Reomit, Bukalapak, MP3 Original, Gritte Agatha, dan OLX Indonesia. Data dalam penelitian ini, yaitu bahasa persuasi pada iklan aplikasi belanja online di Youtube yang terdiri atas bahasa persuasi bersifat nasihat, anjuran, perintah, meyakinkan, dan menegaskan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak-catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan aplikasi belanja online di Youtube terdapat bahasa persuasi bersifat nasihat (Hai topers, Yuk selalu berhati-hati terhadap pihak yang mengatasnamakan Tokopedia), anjuran (Mending bayar tagihan di Shopee, bayar tagihan cashback hingga 100 ribu), perintah (Klik Shopee Games!, klik Shopee Poly! lempar dadunya dan kumpulkan poinnya!), meyakinkan (Hanya di Shopee Kick Fast Online dapatkan diskon hingga 70% untuk lebih dari 200 brand + gratis ongkir), dan menegaskan (Bagi-bagi semangat Ramadhan diskon 99%). Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII yang terdapat pada Kompetensi Dasar 3.4 Menelaah pola penyajian kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan Kompetensi Dasar 4.4 Menyampaikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Kata kunci: bahasa persuasi, iklan aplikasi belanja online, youtube, media A.............pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 May 2022 07:47
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61065

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir