PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATERI GERAK MELINGKAR SECARA ONLINE

HANIFAH NADIA ELOKANITA , NPM 1713022013 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATERI GERAK MELINGKAR SECARA ONLINE. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-Hanifah Nadia Elokanita - Hanifah Nadia Elokanita.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL-Hanifah Nadia Elokanita - Hanifah Nadia Elokanita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2101Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Hanifah Nadia Elokanita - Hanifah Nadia Elokanita.pdf

Download (1850Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN CRITICAL THINKING PADA MATERI GERAK MELINGKAR SECARA ONLINE Oleh HANIFAH NADIA ELOKANITA Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan critical thinking yang valid, reliabel, memiliki daya beda, dan tingkat kesukaran yang berbeda-beda. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan mengasimilasi dari Borg & Gall dan Sugiyono, meliputi tahap penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, dan revisi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli dua dosen dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Hasil uji coba terbatas dianalisis menggunakan perangkat lunak Anates. Hasil validasi ahli pada aspek konstruksi sebesar 86,1 %, aspek substansi sebesar 81,7%, dan aspek bahasa sebesar 75,0% masing-masing dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,79 dengan interpretasi tinggi, 8 soal valid. Hasil analisis daya beda diperoleh 3 soal memiliki daya beda baik sekali, 4 soal dengan daya beda baik, 1 soal dengan daya beda cukup, 1 soal dengan daya beda lemah, dan 1 soal tidak memiliki daya beda. Hasil analisis tingkat kesukaran diperoleh 3 soal dengan kategori sukar, 6 soal dengan kategori sedang, dan 1 soal dengan kategori mudah. Nilai rata-rata kemampuan critical thinking yang terukur oleh instrumen ini sebesar 43,69 dengan kategori sedang. Produk akhir berupa instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan criticl thinking sebanyak 8 soal yang disajikan dalam google form secara online dilengkapi dengan stimulus yang konseptual. Kata kunci: critical thinking, gerak melingkar, instrumen tes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 May 2022 07:36
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61085

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir