PENGEMBANGAN RANCANGAN MEDIA KARTU PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF DI SMP KELAS IX

Rahmi Isthi Fadhilah, 1713041026 (2021) PENGEMBANGAN RANCANGAN MEDIA KARTU PERMAINAN PADA PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF DI SMP KELAS IX. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Rahmi Isthi Fadhilah.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FULL tnp Lampiran_RAHMI - Rahmi Isthi Fadhilah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2998Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. FULL tnp Pemb & Lampiran_RAHMI - Rahmi Isthi Fadhilah.pdf

Download (999Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini berkenaan dengan rancangan dan kelayakan rancangan produk media kartu permainan pada pembelajaran teks cerita inspiratif, sedangkan tujuan penelitiannya merancang dan menilai kelayakan rancangan produk media kartu permainan pada pembelajaran teks cerita inspiratif. Adapun rancangan produk tersebut mencakup materi pembelajaran KD 3.12 dan 4.12 teks cerita inspiratif SMP kelas IX. Penelitian ini mengikuti lima tahap metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall. Adapun tahap tersebut dimulai dari tahap pertama sampai dengan kelima, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan draf dan validasi ahli, serta revisi. Kemudian, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan angket validasi. Hasil penelitian ini berupa rancangan produk media kartu permainan tanya dan teka-teki untuk pembelajaran teks cerita inspiratif di SMP kelas IX yang dinilai layak digunakan. Pernyataan tersebut didukung oleh hasil validasi dosen ahli dan pendidik bahasa Indonesia terhadap empat aspek penilaian produk. Keempat aspek tersebut, meliputi pembelajaran, isi, tampilan, dan pengoperasian. Skor rata-rata 3,4 persentase 85% kategori sangat layak didapatkan dari hasil validasi dari dosen ahli, sedangkan skor rata-rata 3,55 persentase 88,75% kategori sangat layak diperoleh dari validasi pendidik. Kata kunci: pengembangan, kartu permainan, teks cerita inspiratif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 17 May 2022 03:39
Terakhir diubah: 17 May 2022 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61130

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir