PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP REDOKS

Nia Maulina, 1713023050 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ISU SOSIOSAINTIFIK DI MASA PANDEMI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP REDOKS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ NIA MAULINA - Nia Maulina.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI_ NIA MAULINA - Nia Maulina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3796Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_Nia Maulina - Nia Maulina.pdf

Download (3485Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik di masa pandemi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep redoks. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini, yaitu siswa kelas X IPA 2 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eskperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengaruh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik di masa pandemi dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji effect size terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest keterampilan berpikir kritis adalah 31,25 dan rata-rata nilai posttest adalah 76,47, dimana mengalami kenaikan sebesar 45% dengan rata-rata N-Gain 0,67 yang menunjukkan kategori sedang. Berdasarkan uji Paired Sample T-Test yang dilakukan, disimpulkan bahwa rata-rata nilai posttest berpikir kritis siswa tidak sama dengan rata-rata nilai pretest berpikir kritis siswa pada konsep redoks. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik di masa pandemi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep redoks sebelum dan sesudah pembelajaran. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 96% peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh pembelajaran berbasis isu sosiosaintifik dengan kriteria besar. Kata kunci: Isu sosiosaintifik, keterampilan berpikir kritis, konsep redoks

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 17 May 2022 03:35
Terakhir diubah: 17 May 2022 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61136

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir