PENOKOHAN TOKOH DESI DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMA

KIKI DAMAYANTI, 1713041059 (2021) PENOKOHAN TOKOH DESI DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Rocket Digital (3).pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital (25).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2431Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital (25).pdf

Download (2155Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji penokohan dengan jenis-jenis tokoh dan teknik pelukisan tokoh yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dari novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data dalam penelitian ini berupa kutipan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang mengandung jenis-jenis tokoh dan penokohan tokoh Desi dengan teknik pelukisan tokoh secara langsung dan tidak langsung. Data dikumpulkan dengan teknik studi pustaka. Kemudian data dianalisis dengan teknik membaca novel secara berulang- ulang, menandai, menganalisis, mendeskripsikan, menyimpulkan dan mengimplikasikan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata ditemukan sebanyak 61 data dari 44 tokoh dengan 7 jenis tokoh di dalamnya yang meliputi tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh bulat, tokoh statis, dan tokoh berkembang. Kemudian, ditemukan sebanyak 49 data penokohan tokoh Desi dengan teknik pelukisan tokoh. 27 data penokohan tokoh Desi yang disajikan dengan teknik langsung/analitis dan 22 data penokohan tokoh Desi yang disajikan dengan teknik tidak langsung/dramatik. Pada teknik pelukisan tokoh tidak langsung, kedirian tokoh Desi Istiqomah dideskripsikan melalui teknik cakapan, pikiran dan perasaan, tingkah laku, reaksi tokoh lain, dan pelukisan fisik. Kemudian, teknik iii pelukisan tokoh tidak langsung yang lainnya, seperti teknik reaksi tokoh, arus kesadaran, pelukisan latar, dan catatan tentang identifikasi tokoh digunakan pengarang untuk melukiskan atau mendeskripsikan kedirian tokoh cerita lain, latar tempat, latar suasana, dan latar sosial-budaya yang dikisahkan dalam novel. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester genap pada materi menganalisis isi dan kebahasaan novel. Mengimplikasikan hasil penelitian dalam pembelajaran dengan cara membuat rancangan pembelajaran secara terperinci pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan alokasi waktu 4 jam pelajaran atau 2 kali pertemuan. Pada pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan novel yang diajarkan kepada peserta didik di SMA kelas XII semester genap pada mata pelajaran bahasa Indonesia dibuat rancangannya dan dikaitkan dengan hasil penelitian mengenai jenis-jenis tokoh dan teknik pelukisan tokoh Desi pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Kata kunci: penokohan, jenis tokoh, teknik pelukisan tokoh, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 17 May 2022 03:47
Terakhir diubah: 17 May 2022 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61145

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir