STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI JAPANESE FOOD DALAM MEMPERKENALKAN BRAND (STUDI PADA FUKU ICHI RAMEN LAMPUNG)

Candra Halim, 1616031054 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEDAI JAPANESE FOOD DALAM MEMPERKENALKAN BRAND (STUDI PADA FUKU ICHI RAMEN LAMPUNG). Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Candra Halim.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL CANDRA - Candra Halim.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3259Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL CANDRA TANPA PEMBAHASAN - Candra Halim.pdf

Download (2238Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Fuku Ichi Ramen Lampung sebagai brand yang baru lahir untuk memperkenalkan brand mereka kepada masyarakat Lampung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan konsep Mufid tentang brand (Mufid, 2005 : 34 ). Untuk membangun citra tersebut diperlukan media komunikasi yang sesuai dengan kelompok sasaran pasar. Media komunikasi yang tengah marak digunakan adalah new media. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori new media Piere Levy (Littlejohn, 1999 : 2) dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara kepada manajer operasional dari Fuku Ichi Ramen Lampung dan beberapa konsumen Fuku Ichi Ramen Lampung, dokumentasi dan juga internet searching. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Fuku Ichi Ramen Lampung berusaha membentuk citra sebagai brand ramen yang menjual produk yang memiliki rasa otentik namun dengan harga yang terjangkau. Untuk menguatkan unsur Jepang dalam brand, Fuku Ichi Ramen Lampung merencanakan matang – matang setiap aspek dalam memperkenalkan brand-nya seperti nama, logo, konten Instagram, produk makanan, pelayanan, desain interior dan masih banyak lagi. Semuanya dipikirkan secara matang agar pengunjung merasa puas dan senang ketika berada di kedainya. Untuk mengkomunikasikan pesan bahwa Fuku Ichi Ramen Lampung merupakan pelopor brand ramen otentik dengan harga yang terjangkau, mereka menggunakan media sosial Instagram. Fitur – fitur di Instagram seperti instagram story, feeds, dan juga instagram ads sangat membantu Fuku Ichi Ramen Lampung dalam memperkenalkan diri kepada seluruh khalayak Lampung. Para influencers yang memiliki jumlah pengikut yang luar biasa banyak juga digunakan jasanya oleh Fuku Ichi Ramen Lampung agar para followers dari influencer ini kemudian mengenali dan penasaran lalu berkunjung ke kedai Fuku Ichi Ramen Lampung. Kata kunci : brand, Instagram, terjangkau. The purpose of this research is to describe the marketing communication strategy that used by Fuku Ichi Ramen Lampung as a newborn brand to introduce their brand to all of Lampung’s citizen. In this research, researcher use Mufid’s concept about brand (Mufid,2005 : 34). To build an image, Fuku Ichi Ramen Lampung need a communication channel that suitable with the market target. Communication channel that being widely used is new media. Because of that, researcher use Piere Levy’s theory about new media (Littlejohn, 1999 :2) in this research. Datas collecting techniques that used by researcher in this research are interview with operational manager of Fuku Ichi Ramen Lampung and some customers of Fuku Ichi Ramen Lampung, documentation, searching some datas on internet. Based on the research result, we know Fuku Ichi Ramen Lampung try to build an image as a ramen’s brand that sell the authentic taste product that have affordable price. To strengthen Japanese element on the brand, Fuku Ichi Ramen Lampung planned carefully every aspects to introduce their brand like brand’s name, logo, Instagram’s contents, food products, interior design etc. Everything are well thought so customers feel satisfied and happy when they come to the shop. To communicate the message that Fuku Ichi Ramen Lampung is the authentic ramen brand volunteer with affordable price, they use Instagram. Instagram features like instagram story, feeds, and instagram ads are so helpful for Fuku Ichi Ramen Lampung to introduce itself to all of the Lampung’s audiences. The influencers that have a lot of followers also used the service by Fuku Ichi Ramen Lampung so the followers of the influencers know and curious then come to Fuku Ichi Ramen Lampung’s shop. Keywords : brand, Instagram, affordable.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2022 02:02
Terakhir diubah: 18 May 2022 02:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61202

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir