PANJAT SOSIAL DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Pada Nano Influencer di Instagram)

ZEHAN AZZAHRA, 1716011045 (2021) PANJAT SOSIAL DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Pada Nano Influencer di Instagram). Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Kak Dan (10).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Kak Dan (10).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1563Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Kak Dan (10).pdf

Download (1227Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apa aja motif, dampak, serta bentuk-bentuk upaya panjat sosial yang dilakukan oleh nano influencer di media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive yang terdiri dari lima informan. Selain itu, teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan pengunaan data sekunder dan wawancara mendalam, serta teknik analisis data seperti reduksi data, penyajian atau display data, dan penarikan kesimpulan. Urgensi dari penelitian ini yakni untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai apa saja motif serta dampak yang ditimbulkan dari fenomena panjat sosial dalam masyarakat yang terkadang dikonotasikan negatif. Hasil dari penelitian ini memberi kesimpulan bahwa motif dari perilaku panjat sosial ini adalah untuk menaikkan status sosial sehingga dapat memberikan keuntungan materi dan menambah relasi, serta dampak yang ditimbulkan seperti naiknya jumlah pengikut akun instagram, pengakuan di lingkungan sosialnya, relasi baru, keuntungan materi, peretasan, pemalsuan data, gangguan psikis, dan ujaran kebencian. Kata Kunci : Panjat sosial, influencer, Instagram, interaksi simbolik This study aims to find out and analyze the motives, impacts, and forms of social climbing efforts carried out by nano influencers on Instagram social media. This study uses a qualitative method, with the determination of informants using a purposive technique consisting of five informants. In addition, the data collection technique in this study is the use of secondary data and in-depth interviews, as well as data analysis techniques such as data reduction, data presentation or display, and drawing conclusions. The urgency of this research is to provide knowledge to the public about the motives and impacts of the social climbing phenomenon in society which sometimes has a negative connotation. The results of this study conclude that the motive for this social climbing behavior is to increase social status so that it can provide material benefits and increase relationships, as well as the impacts such as increasing the number of followers on Instagram accounts, recognition in their social environment, new relationships, material benefits, hacking, data falsification, psychological disorders, and hate speech. Keywords: Social climbing, influencer, Instagram, symbolic interaction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2022 02:20
Terakhir diubah: 18 May 2022 02:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61210

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir