Kartika Sari Br Sinulingga, 1613021004 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN (Studi Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK_KARTIKA SARI BR SINULINGGA-converted - KARTIKA SINULINGGA.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
File PDF
2. FULL SKRIPSI (TANPA LAMPIRAN)_KARTIKA SARI BR SINULINGGA-converted - KARTIKA SINULINGGA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1549Kb) |
||
|
File PDF
3. FULL SKRIPSI (TANPA BAB PEMBAHASAN)_KARTIKA SARI BR SINULINGGA-converted - KARTIKA SINULINGGA.pdf Download (1244Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbandingan kelas VII D SMP Negeri 19 Bandar Lampung mencapai rata-rata 60% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis ketujuh indikator pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal perbadingan, diperoleh hasil sebagai berikut (1) menyatakan ulang konsep mencapai 69%; (2) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu mencapai 56%; (3) memberikan contoh dan non- contoh dari konsep mencapai 69%; (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis mencapai 55%; (5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep mencapai 48%; (6) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu mencapai 56%; dan (7) mengaplikasikan konsep mencapai 66%. Kata kunci:Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Perbandingan This qualitative research aims to describe the ability of students to understand mathematical concepts in solving comparative problems. The subjects of this study were students of class VII D SMP Negeri 19 Bandar Lampung in the academic year 2020/2021. This research data is qualitative data about students' ability to understand mathematical concepts obtained through observation, documentation, tests, and interviews. Data analysis was carried out through three stages, namely, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it was concluded that the students' ability to understand mathematical concepts in solving comparison questions for class VII D SMP Negeri 19 Bandar Lampung reached an average of 60% in the medium category. Based on the results of the analysis of the seven indicators of understanding students' mathematical concepts in solving comparison problems, the following results were obtained: (1) restating the concept reached 69%; (2) classifying objects according to certain characteristics reaches 56%; (3) providing examples and non-examples of the concept reached 69%; (4) presenting concepts in various forms of mathematical representation reaching 55%; (5) developing the necessary and sufficient conditions for a concept to reach 48%; (6) using, utilizing and selecting certain procedures or operations reached 56%; and (7) applying the concept reached 66%. Keywords:Analysis, Mathematical Concept Understanding Ability, Comparison
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 18 May 2022 08:26 |
Terakhir diubah: | 18 May 2022 08:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61256 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |