PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Via Aini, 1713024006 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK VIA AINI - Via Aini.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI VIA AINI TANPA LAMPIRAN - Via Aini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1070Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI VIA AINI TANPA PEMBAHASAN - Via Aini.pdf

Download (764Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu lembar kerja peserta didik berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran daring di SMAN 1 Gadingrejo kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data kuantitatif berupa nilai pretes, postes, dan N-Gain sebagai hasil kemampuan berpikir kritis yang dianalisis dengan uji independent sample t-test (α=0,05) menggunakan SPSS 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu LKPD berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran daring (Sig. 0,010 < 0,05). Nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,65 termasuk kategori sedang. Data kualitatif berupa angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dengan hasil persentase rata-rata 64,2% dimana termasuk ke dalam kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu lembar kerja peserta didik berbasis HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik selama pembelajaran daring. Kata Kunci: Berpikir kritis, Inkuiri terbimbing, LKPD berbasis HOTS, Pembelajaran daring This research aims to analyze the influence of the guided inquiry learning model assisted by student worksheets based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) on students' critical thinking skills during online learning at SMAN 1 Gadingrejo class XI science. This research used a quasi-experimental with a pretest-posttest non-equivalent control group design. The samples in this study were students of class XI Science 2 as the control class and XI Science 7 as the experimental class which was selected through purposive sampling technique. Quantitative data in the form of the value of pretest, posttest, and N-Gain as a result of critical thinking skills were analyzed by independent sample t-test (α=0.05) using SPSS 25.0 For Windows. The results showed that there was a significant effect of the application guided inquiry learning model assisted by HOTS-based worksheet on students' critical thinking skills during online learning (Sig. 0.010 < 0.05). The experimental class N-gain value of 0.65 which is included in the strong category. Qualitative data in the form of student responses to questionnaires of online learning with an average percentage result of 64.2% which is included in the strong category. This shows that the guided inquiry learning model assisted by HOTS-based worksheet has an effect on students' critical thinking skills during online learning. Keywords: Critical thinking, guided inquiry, HOTS-based worksheets, online learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 18 May 2022 08:24
Terakhir diubah: 18 May 2022 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61258

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir