HUBUNGAN MINAT BACA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESETA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 MARGA KENCANA

Intan Indah Larasati, 1753053016 (2021) HUBUNGAN MINAT BACA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESETA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 MARGA KENCANA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - intanindah larasati.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img] FIle PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - intanindah larasati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1653Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - intanindah larasati.pdf

Download (1377Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Marga Kencana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan hasil belajar, disiplin belajar dengan hasil belajar, serta minat baca dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Marga Kencana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan antara minat baca dengan hasil belajar peserta didik, terdapat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik dan terdapat hubungan minat baca dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Marga Kencana. Hubungan yang terjadi dari penelitian ini yaitu peserta didik yang memiliki minat baca serta disiplin belajar yang baik dapat lebih mudah dalam menguasai materi pembelajaran maka hasil belajar yang diperoleh akan semakin meningkat. Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar, minat baca. Problem in this research is result low learning of student class V SD Negeri 1 Marga Kencana. This purpose research is to understand relationship between reader’s interest with the result learning,learning discipline with the result learning, and reader’s interest with learning discipline with result learning student of class V SD Negeri 1 Marga Kencana. Type of research was used is quantitative research with corelational method. Data collection method using questionare . population in this research the total 46 student. Technic to took sample using jenuh technic sampling. Data analysis using correlation formula product moment and multiple correlation. The result of research ,obtained that constitute the relationship between reader’s interest with the student result learning ,there is relationship discipline learning with student result learning and there are to constitute relationship reader’s interest and discipline learning with student result learning class of V SD Negeri 1 Marga Kencana . The relationshio that occurs from the research is student who have reader’s interest and good discpline learn to be easier in master learning material then result from learning will increase even more. Key words: discipline learning, learning outcomes, interest reading.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2022 08:43
Terakhir diubah: 18 May 2022 08:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61262

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir