Retno Widiyanto , 1923022019 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT TERINTEGRASI STEM BERBANTUAN LMS UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK - RETNO WIDIYANTO.pdf Download (353Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL - RETNO WIDIYANTO.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - RETNO WIDIYANTO.pdf Download (2952Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-Modul berbasis project terintegrasi STEM berbantuan LMS untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pembiasan cahaya. Metode penelitian menggunakan desain recearch and development (R&D) model pengembangan media instruksional Borg & Gall mengacu pada model Dick & Carey. Metode penelitian (R &D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan yang kemudian diadaptasi menjadi 3 tahapan yaitu : 1) Studi Pendahuluan, 2) Pengembangan Model, 3) Pengujian dan Implementasi Model. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengambangkan E-Modul berbasis project terintegrasi STEM berbantuan LMS untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pembiasan cahaya yang valid, praktis, dan efektif. Instrumen non tes yang digunakan berupa lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan E-Modulyang dikembangkan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan E-Modul yang dikembangkan dan instrument tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah untuk mengatahui keefektifan E-Modulyang dikembangkan. Hasil validasi menunjukan E-Modul berbasis project terintegrasi STEM berbantuan LMS pada materi pembiasan cahaya dinyatakan valid dengan persentase validasi isi sebesar 83,5%, persentase validasi desain sebesar 80%, dan persentase validasi konstruk sebesar 80,7 %. EModulberbasis project terintegrasi STEM pada materi pembiasan cahaya dinyatakan praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran menggunakan EModulberbasis projectterintegrasi STEM dengan persentase sebesar 88%, respon peserta didik setelah menggunakan E-Moduldalam pembelajaran dengan persentase sebesar 86%. Hasil uji rata-rata N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa setelah posttest sebesar 0,54 pada kategori sedang. Sehingga EModulberbasis project terintegrasi STEM pada materi pembiasan cahaya yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembiasan Cahaya, Project, STEM. This study aims to develop an E-Module based on an integrated STEM-assisted LMS project to train students' problem solving skills on light refraction material. The research method uses the research and development (R&D) design of the Borg & Gall instructional media development model referring to the Dick & Carey model. The research method (R & D) developed by Borg and Gall consisted of 10 stages which were then adapted into 3 stages, namely: 1) Preliminary Study, 2) Model Development, 3) Model Testing and Implementation. This research is a development research to develop an E-Module based on an integrated STEM-assisted LMS project to practice problem solving skills on valid, practical, and effective light refraction material. The instruments used are non-test instruments in the form of expert validation sheets to determine the validity of the developed E-Module, learning implementation observation sheets, student response questionnaires to determine the practicality of the EModules developed and tests in the form of problem-solving ability questions to determine the effectiveness of the E-Modules. developed. The validation results show that the E-Module based on an integrated STEM-assisted LMS project on light refraction material is declared valid with a content validation percentage of 83.5%, a design validation percentage of 80%, and a construct validation percentage of 80.7%. Project-based STEM-integrated E-Modules on light refraction material are stated to be practical in terms of the implementation of learning using STEM-integrated project-based E-Modules with a percentage of 88%, student responses after using E-Modules in learning with a percentage of 86%. The results of the average N-Gain test of students' problem solving abilities after the posttest were 0.54 in the medium category. So that the E-Module based on the STEM integrated project on the light refraction material developed is declared valid, practical, and effective to train students' problem solving skills. Keywords: E-Module, Problem Solving Ability, Project, Refraction of Light , STEM
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 18 May 2022 08:38 |
Terakhir diubah: | 18 May 2022 08:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61265 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |