PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BAHASA INDONESIA PADA TEKS NARASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP

ELLY NUR FATIMAH, 1713041033 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BAHASA INDONESIA PADA TEKS NARASI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Rocket Digital (6).pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital (30).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4037Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital (30).pdf

Download (2491Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bahasa Indonesia pada teks narasi berbasis discovery learning untuk siswa kelas VII SMP dan kelayakannya sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada teks narasi berbasis discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Prosedur pengembangan dilakukan berdasarkan teori Borg and Gall yang peneliti tetapkan sampai dengan 6 tahapan yang disesuaikan dengan kemampuan peneliti dan uji produk tidak bisa dilakukan kepada peserta didik karena adanya pandemi Covid-19. Enam tahapan yang peneliti gunakan, yaitu pengumpulan informasi, perencanaa produk, pengembangan produk, uji produk, revisi produk, dan akhir produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, instrumen ahli materi, instrumen ahli bahasa, dan instrumen pendidik. Hasil penelitian ini berupa LKPD mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi berbasis discovery learning. LKPD tersebut memuat materi teks cerita fantasi, unsur-unsur, struktur, langkah-langkah, tugas individu, tugas kelompok, kegiatan penutup, dan ulangan harian. LKPD diujikan melalui pengisian instrumen kelayakan oleh dosen FKIP Universitas Lampung sebagai uji materi, uji kebahasaan, dan pendidik bahasa Indonesia SMP N 3 OKU sebagai uji praktisi. Hasil penelitian pengembangan LKPD bahasa Indonesia pada materi teks narasi berbasis discovery learning untuk siswa kelas VII SMP sudah sesuai dari hasil penilaian ahli materi dengan persentase 87,5% kategori sangat layak, ahli bahasa dengan persentase 91,6% kategori sangat layak, dan pendidik dengan persentase 79,1% kategori sangat layak. Kata kunci: pengembangan, LKPD, discovery learning, teks narasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 18 May 2022 08:43
Terakhir diubah: 18 May 2022 08:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61267

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir