HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN EFIKASI MENGGUNAKAN KOMPUTER/INTERNET PADA PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI SE-BANDARLAMPUNG

Nana Kusuma Wardhani, 1613023042 (2021) HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN EFIKASI MENGGUNAKAN KOMPUTER/INTERNET PADA PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI SE-BANDARLAMPUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nana Wardhani.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Nana Wardhani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2147Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Nana Wardhani.pdf

Download (2090Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Self efficacy dan self control menjadi ukuran kemampuan seseorang dalam melakukan tugas dan aspek penting yang mepengaruhi pola hidup serta perilaku, termasuk dalam sifat disiplin dan tekad untuk mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan efikasi menggunakan internet siswa selama pembelajaran online dengan penguasaan konsep kimia siswa. Desain penelitian yakni penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini yakni sekolah SMA Negeri se-Bandar Lampung. Pengambilan sampel meng-gunakan cluster sampling (sampling area) berdasarkan nilai rata-rata UN Kimia tahun 2017, 2018 dan 2019, sehingga penelitian dilakukan pada 3 SMA negeri di Bandarlampung. Data penelitian diperoleh melalui jawaban intrumen kuesioner yang diisi oleh 254 siswa dan nilai UTS semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan yaitu angket efikasi menggunakan internet dan angket kontrol diri. Data pemahaman konsep kimia siswa dilihat melalui nilai UTS kimia semester ganjil. Materi yang diujikan pada UTS yakni bab hidrokarbon dan termokimia yang dikenal sulit dikuasai oleh siswa. Ujian dilakukan secara online menggunakan google form atau web sekolah. iii Analisis data menggunakan uji korelasi dan korelasi berganda. Hasil uji korelasi variabel kontrol diri dengan pemahaman konsep kimia siswa sebesar 0,69, hal ini menunjukkan bahwa hubungan berkriteria sangat kuat dan berarah positif. Hasil uji korelasi variabel efikasi menggunakan internet dengan pemahaman konsep kimia siswa sebesar 0,657 dan menunjukkan kriteria hubungan kuat dengan arah yang positif. Hasil uji simultan keduanya menunjukkan bahwa kontrol diri dan efikasi menggunakan internet berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep kimia siswa, kontribusi keduanya sebesar 74,9%. Kata kunci: kontrol diri, pemahamn konsep kimia, efikasi menggunakan internet.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 18 May 2022 08:42
Terakhir diubah: 18 May 2022 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61268

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir