HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

Asri Haganada, 1713053110 (2021) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak - Asri Haganada.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full - Asri Haganada.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1485Kb)
[img]
Preview
File PDF
skripsi tanpa bab pembahasan - Asri Haganada.pdf

Download (1310Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi SD Negeri 4 Sumberejo tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi dengan jenis penelitian yaitu kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 181 peserta didik dengan sampel berjumlah 68 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi di SD Negeri 4 Sumberejo tahun ajaran 2020/2021dengan kriteria tinggi. Kata kunci : kemandirian belajar, motivasi belajar, hasil belajar matematika The problem with this research is the low mathematics learning outcomes of students. The purpose of this study was to determine a significant relationship between the independence learning and learning motivation with learning outcomes of high class students in SD Negeri 4 Sumberejo in the academic year 2020 / 2021. This research method is ex-postfacto correlation with quantitative research type. The population of this study was 181 students and the study sample was 68 students. The sampling technique used probability sampling technique, namely proportionate stratified random sampling. Data collection techniques used were questionnaire, and, documentation. Analysis of the data used is the product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis of the results of the study it can be concluded that there is a positive and significant relationship between independence learning and learning motivation with mathematics learning outcomes of high class students in SD Negeri 4 Sumberejo in the academic year 2020 / 2021 with high criteria. Keywords: independence learning, learning motivation, mathematics learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 19 May 2022 00:42
Terakhir diubah: 19 May 2022 00:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61290

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir