PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 02 GUNUNG SARI

NUR ARDIANSYAH, 1713053008 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 02 GUNUNG SARI. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Nur Ardiansyah_PGSD-1713053008 - Nur Ardiansyah.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi_Nur Ardiansyah_PGSD-1713053008 - Nur Ardiansyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
Tanpa Pembahasan_Nur Ardiansyah - Nur Ardiansyah.pdf

Download (3856Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 02 Gunung Sari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan media terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control group design. Populasi penelitian berjumlah 38 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan ordinal sampling atau sampling sistematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan Fhitung = 4,71 > Ftabel = 4,45 dan hasil uji statistik t-test sparated varians menunjukkan thitung= 3,551 > ttabel= 2,021 sehingga terdapat pengaruh dan perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri menggunakan media terhadap hasil belajar tema 7 subtema 1 peserta didik kelas V SD Negeri 02 Gunung Sari. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri, media The problem in this study was low learning outcomes of V th grade students of SD Negeri 02 Gunung Sari. The purpose of this research is was to determine the significant effect on the application of inquiry learning model using media on learning outcomes of students. The type of the research was experimental research. The research design used non-equivalen control group design. The study population numbered 38 students. The research sample used ordinal sampling or systematic sampling. Data collection techniques were done by using test and non-test techniques. Data analysis techniques using a simple regression test and t-test sparated varians. The results of a simple regression test showed Fhitung = 4,71 > Ftabel = 4,45 and the results of t-test sparated varians showed thitung= 3,551 > ttabel= 2,021 so that there was a significant influence and difference on the application of inquiry learning model using media on learning outcomes theme 7 sub-theme 1 students in class V SD Negeri 02 Gunung Sari. Keywords: learning outcomes, inquiry, media

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 19 May 2022 00:49
Terakhir diubah: 19 May 2022 00:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61299

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir