, Dian Anita Sari (2011) PENGGUNAAN MODEL REAL MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER 2 SD NEGERI 5 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
abstrak.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujiu.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman pernyataan.pdf - Published Version Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1 .pdf - Published Version Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf - Published Version Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III .pdf - Published Version Download (313Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV .pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (651Kb) |
||
|
File PDF
BAB V .pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (2571Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur, menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan pemahaman siswa pada pembelajaran matematika. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berdasarkan hasil ujian semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 baru mencapai 56,75%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model Real Mathematic Education (RME). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi dengan teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil perbaikan pembelajaran dengan model RME pada mata pelajaran matematika menunjukkan peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut sebesar 74,18 % (cukup aktif); 75,18 % (cukup aktif); dan 80,89 % (aktif), peningkatan aktivitas belajar siswa pada tiap siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut sebesar 67,6%, 83,3%, dan 91,4%, terjadi peningkatan hasil belajar tiap siklusnya dengan KKM sebesar 56. Sedangkan rata-rata peningkatan hasil belajar mencapai 78,9% pada siklus II dan 44,7% pada siklus III. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model RME dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar pada materi pecahan. Kata kunci : Realistics Mathematic Education, aktivitas siswa, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 03:25 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 03:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/613 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |