PERAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Eva Lestari, 1713054021 (2021) PERAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Eva Lestari_1713054021_Abstrak - eva lestari.pdf

Download (351Kb) | Preview
[img] File PDF
Eva Lestari_1713054021_Skripsi tanpa lampiran - eva lestari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2042Kb)
[img]
Preview
File PDF
Eva Lestari_1713054021_Skripsi tanpa bab IV - eva lestari.pdf

Download (1422Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang mengharuskan orangtua secara penuh mendampingi anak- anak. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi orangtua seperti kesulian membagi waktu untuk mendampingi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orangtua selama pembelajaran jarak jauh. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh orangtua yang memiliki anak usia 4 – 6 tahun di Kelurahan Pasir Sakti dengan jumlah orangtua sebanyak 122 pasang orangtua yang terdiri atas ayah dan ibu, sampel penelitian berjumlah 40 pasang orangtua dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, adapun hasil penelitian yakni sebagian besar orangtua memiliki peran sebagai seorang teaching selama pembelajaran jarak jauh dengan kontribusi setiap dimensi sebesar Modelling (16,89%), dimensi Mentoring (28,87%), dimensi Organizing (18,10%), dan dimensi Teaching (36,18%). Peran orangtua sebagai teaching tergambar dari orangtua yang berupaya untuk menjelaskan materi kepada anak melalui lingkungan sekitar sehingga anak tetap belajar dengan maksimal, orangtua mengupayakan pembelajaran anak melalui bermain, di tengah kesibukan orangtua bekerja orangtua tetap berusaha menemani dan mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugasnya, bahkan orangtua terlibat aktifdengan selalu berkomunikasi dan mengirimkan laopran tugas dan kegiatan anak. Kata kunci: peran orangtua, PAUD, pembelajaran jarak jauh. The research problem is the learning change from face-to-face to remote learning that makes parent guide their children all the time. However, there are some barriers faced by parents such as difficulty in guiding them. This research aims to describe parents’ role during the remote learning. The populations were all parents having children aged from 4- 6 year old in Pasir Sakti District with the number of 122 parents consisted of mother and father. In addition, the samples consisted of 40 pair of parents with a proportionate stratified random sampling technique. The data collection technique used a questionnaire. The data were quantitatively descriptive analyzed process. The results revealed that most of parents had a role as a teacher during the remote learning with contribution in each dimension of Modeling (16,89%), Mentoring (28,87%), Organizing (18,10%), and Teaching (36,18%). Parents’ role as a teacher reflected from their efforts to explain learning materials to their children through surrounding environment so that they keep learning optimally, parents helped them learn by playing. It was carried out amidst the parents’ business in working in order to accompany and guide their childrenin learning as well as doing the homework. In addition, parents involved actively through active communication and report children’s work. Key words: early childhood education, parents’ role, remote learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 May 2022 00:50
Terakhir diubah: 19 May 2022 00:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61302

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir