REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM KONSEP 3B BRAIN, BEAUTY & BEHAVIOUR (Studi Analisis Semiotika John Fiske Pada Tayangan Miss Universe 2019 di Youtube)

Alfredo Raja Sagala, 1516031054 (2021) REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM KONSEP 3B BRAIN, BEAUTY & BEHAVIOUR (Studi Analisis Semiotika John Fiske Pada Tayangan Miss Universe 2019 di Youtube). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABTRAK - Alfredo Raja Sagala.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI ALFREDO RAJA SAGALA - Alfredo Raja Sagala.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Alfredo Raja Sagala.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kecantikan masih menjadi persoalan kaum perempuan, selalu diperdebatkan mengenai pendefinisian dan standarisasi ditengah masyarakat. Objek dalam penelitian ini yaitu “Beauty Pageant” atau Kontes Kecantikan, dimana kecantikan perempuan diadu, diperlombakan dan memilih satu yang dianggap paling sempurna, cantik, mendapat gelar sebagai perempuan terbaik dari kontes tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana representasi kecantikan dalam konsep 3B Brain, Beauty & Behaviour yang ditampilkan dalam ajang kontes kecantikan Miss Universe tahun 2019. Menggunakan teori representasi dengan tiga aspek Reflektif, disengaja, dan kritis, dengan pendekatan kualitatif, tipe analisis deskriptif metode yang digunakan yaitu analisis semiotika John Fiske. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam konsep Brain, finalis Miss Universe memiliki fokus berbeda, pengetahuan umum yang up to date. dapat mengedukasi masyarakat mengenai adat dan budaya. Konsep Beauty merepresentasikan perempuan tidak cukup terlihat cantik secara fisik luar, tetapi cantik dengan penuh semangat, aktif dan enerjik dan menggalakan tentang “Inner Beauty”. Konsep Behaviour merepresentasikan bahwa perempuan harus menjadi sosok yang kuat dan berani, dapat bekerja menjadi insan yang berguna, menjadi panutan, memiliki tanda cinta kasih serta peduli terhadap sesama. Kata Kunci : Representasi Kecantikan, Semiotika, Miss Universe 2019. Beauty is still a problem for women, always debated about the definition and standardization in society. The object of this research is the "Beauty Pageant" or Beauty Contest, where female beauty is contested, contested and chooses the one that is considered the most perfect, beautiful, and gets the title as the best woman from the contest. The purpose of this study is to find out how the representation of beauty in the 3B Brain, Beauty & Behavior concept displayed in the 2019 Miss Universe beauty pageant. Using representation theory with three aspects Reflective, intentional, and constructivist, with a qualitative approach, the type of descriptive analysis method used namely John Fiske's semiotic analysis. The results of the study explain that in the concept of Brain, the Miss Universe finalists have a different focus, up to date general knowledge. can educate the public about customs and culture. The concept of Beauty represents that it is not enough for women to look physically beautiful on the outside, but to be beautiful with enthusiasm, active and energetic and promote “Inner Beauty”. The Behavior concept represents that women must be strong and courageous figures, be able to work as useful people, be role models, have signs of love and care for others. Keywords: Beauty Representation, Semiotic, Miss Universe 2019.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 19 May 2022 07:41
Terakhir diubah: 19 May 2022 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir