PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG

Istikomatin Napsiah, 1713053055 (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK_ISTIKOMATIN NAPSIAH - isti kn.pdf

Download (230Kb) | Preview
[img] FIle PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_ISTIKOMATIN NAPSIAH (2) - isti kn.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3037Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_ISTIKOMATIN NAPSIAH (2) - isti kn.pdf

Download (3157Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Negeri 1 Sumberagung. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data berupa non tes dan tes, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov. Hasil perhitungan rata rata hasil kelas eksperimen dan non eksperimen memiliki perbedaan nilai yaitu 76,50 pada kelas eksperimen dan 71,83 pada kelas non eksperimen. Data hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan Model Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung pada tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: hasil belajar tematik, media audio visual, problem based learning The issue from this research is the low learning outcomes of students. This research aims to know the effect of applying the based learning problem model to audiovisual media to the thematic learning outcome. The type of this research is experiment with the research design called Nonequivalent Control Group Design. The research population is all students of Elementary School 1 Sumberagung. The determination of the research sample uses the technique of purposive sampling. The samples are the students from grade IV B that consists of 24 students. The data accumulation system uses non-technical tests and technical tests. The data collection instrument is a non-test and test that has been previously tested for validity and relativity. Data analysis techniques using the formula Kolmogorov smirnov. The flat results of the experimental and non experimental classes have a difference of 76,50 in the experimental class and 71,83 in the non experimental class. The result shows effects in applying the based learning problem model to audiovisual media to the thematic learning outcomes of students grade IV SD Negeri 1 Sumberagung academic year in the 2020/2021. Keywords: audio visual, problem based learning, thematic learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 May 2022 06:32
Terakhir diubah: 19 May 2022 06:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61338

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir