ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN 16 BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA

Karunia Hartari, 1513024075 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMPN 16 BANDAR LAMPUNG BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - KARUNIA HARTARI.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - KARUNI HARTARI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2810Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - KARUNIA HARTARI.pdf

Download (2661Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik laki-laki dan perempuan di SMPN 16 Bandar Lampung pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah Ex post facto. Populasi dalam penelitian terdiri atas seluruh peserta didik kelas IX SMPN 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 279 peserta didik. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 76 peserta didik. Data penelitian berupa hasil tes keterampilan berpikir kritis, hasil wawancara guru, dokumen perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini (RPP dan LKPD), dan hasil pekerjaan siswa dalam LKPD. Data hasil tes dianalisis secara statistik dengan Independent sample t-test pada taraf nyata 5%. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas.Uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Variances. Data hasil wawancara dan pengisian angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis yang nyata (p<0,05) antara peserta didik bergender laki-laki dan perempuan. Bila ditinjau dari nilai rata-rata indikator keterampilan berpikir kritis, peserta didik perempuan mendapatkan nilai lebih unggul dibandingkan peserta didik laki-laki. Rataan nilai keterampilan berpikir kritis pada masing-masing kelompok gender baik laki-laki dan perempuan sama-sama berkriteria rendah. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Gender dan Sistem Ekskresi Pada Manusia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 19 May 2022 05:54
Terakhir diubah: 19 May 2022 05:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61355

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir