PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK NEGERI 1 LIWA

Herma Yunita, 1613022053 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK NEGERI 1 LIWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Herma Yunita.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Herma Yunita.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Herma Yunita.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran secara blended learning dengan metode praktikum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning dengan metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa SMKN 1 Liwa. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Liwa, dan sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling siswa kelas XTKJ1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XTKJ2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Kedua kelas tersebut diberikan pretest dan posttest yang kemudian hasil N-gain diuji perbedaannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar pada siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata N gain berturut- turut, yaitu 0,72 dan 0,40 berarti rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan berdasarkan hasil uji independent sample t test thitung > ttabel yaitu 5,485 > 2,069 pada taraf kepercayaan 95%, berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran blended learning dengan metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa SMKN 1 Liwa. Kata kunci: Blended Learning, Hasil Belajar Siswa, Metode Praktikum.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 May 2022 08:23
Terakhir diubah: 19 May 2022 08:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61409

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir