ENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HYBRID LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD

VIERHARD KRISNA WAHYUDI, 1723053003 (2021) ENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HYBRID LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - Virhad Krisna.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL - Virhad Krisna.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Virhad Krisna.pdf

Download (2500Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kevalidan dan efektivitas pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis hybrid learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar di desa Fajar Asri Kecamatan Seputih Agung dan sampel ditentukan secara purposive sampling sebanyak 20 siswa. Penggumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, angket, dan soal tes. Instrumen tes yang digunakan memenuhi validitas dan reliabilitas, dengan memperhatikan tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T (t-test) untuk mengetahui efektivitasnya. Hasil validasi lembar kerja siswa berbasis hybrid learning dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan lembar kerja siswa berbasis hybrid learning yang dihasilkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa berbasis hybrid learning. Kata Kunci: hybrid learning, LKPD, hasil belajar. Research and development goals this is to develop and describe the validity and attractiveness of developing student worksheets based on hybrid learning for improving student learning outcomes. This type of research is research and development that refers to the Borg and Gall. The population of this study was the fifth grade elementary school students in Fajar Asri village, Seputih Agung sub-district and the sample was determined by purposive sampling as many as 20 students. Data collection was done through observation sheets, questionnaires, and test questions. The test instrument used fulfills the validity and reliability, taking into account the level of difficulty, and the discriminating power of the questions. The data analysis technique used is the T-test test to determine its effectiveness. The results of the validation of student worksheets based on hybrid learning were carried out by material, media, and language experts. The results of the study indicate that the resulting hybrid learning-based student worksheet development product is effective to usein the learning process of class V students. This is evidenced by the increase in student learning outcomes after using student worksheets based on hybrid learning. Keywords: hybrid learning, LKPD, learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 May 2022 08:20
Terakhir diubah: 19 May 2022 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir