PENGARUH KLON TERHADAP INTENSITAS HAMA DAN PENYAKIT PENTING PADA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz.) DI LAMPUNG TENGAH

Yecti Wiji Jayanti, 1414121249 (2021) PENGARUH KLON TERHADAP INTENSITAS HAMA DAN PENYAKIT PENTING PADA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz.) DI LAMPUNG TENGAH. fakultas pertanian , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI YECTI WIJI JAYANTI - yecti jayanti.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL YECTI WIJI JAYANTI TANPA LAMPIRAN - yecti jayanti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (514Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL YECTI WIJI JAYANTI TANPA PEMBAHASAN - yecti jayanti.pdf

Download (367Kb) | Preview

Abstrak

Ubi kayu (Manihot esculenta Crantz) merupakan tanaman pangan penting di Indonesia. Setiap tahunnya produksi ubi kayu cenderung menurun yang dapat terjadi akibat faktor hama maupun penyakit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh beberapaklon terhadap intensitas kerusakanakibathama dan penyakitpenting pada tanaman ubi kayu di Lampung Tengah. Penelitian dilakukan di lahan pertanamandesa Purnama Tunggal I Lampung Tengah pada bulan September sampai Desember 2019 menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 ulangan dan 3 kelompok. Klon tanaman ubi kayu yang digunakan pada penelitian ini adalah klon C5, Saudi, Thailand Putih, dan Moci.Penyakit yang ditemukan yaitu penyakit bunchytop, penyakit bercak daun coklat, penyakit mati pucuk, sedangkan hama yang ditemukan yaitu hama mealybug (Phenacoccus manihoti) dan hama tungau (Tetranychus urticae). Keterjadian serangan hama mealybug yang menyebabkan penyakit bunchytop terbesar terdapat pada klon Moci. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanaman ubi kayu klon Moci lebih rentan terhadap serangan hama mealybug dan penyakit bunchytop jika dibandingkan klon C5, Saudi dan Thailand Putih. Tanaman ubi kayu klon C5 lebih rentan terhadap penyakit mati pucuk. Tanaman ubi kayu klon Saudi, C5, Moci, dan Thailand Putih memiliki tingkat ketahanan yang sama terhadap penyakit bercak daun coklat dan serangan hama tungau. Kata kunci : bercak daun coklat, bunchytop, mati pucuk, mealybug, tungau.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 20 May 2022 07:25
Terakhir diubah: 20 May 2022 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61428

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir