PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19

Pratiwi Indah Sari, 1713023046 (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Pratiwi Indah Sari_1713023046 - Pratiwi Indah Sari.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Pratiwi Indah Sari_1713023046 - Pratiwi Indah Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Pratiwi Indah Sari_1713023046 - Pratiwi Indah Sari.pdf

Download (3122Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dari pembelajaran luring menjadi pembelajaran daring karena adanya virus corona. Virus corona mewabah di Indonesia sejak awal maret tahun 2020. Pandemi covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Kondisi ini menyebabkan seluruh elemen pendidikan memanfaatkan TIK untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatan TIK dapat diterapkan pada pengembangan sumber belajar. Proses pembelajaran pada masa pandemi membutuhkan sumber belajar yang menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e- book pada materi kesetimbangan kimia untuk pembelajaran daring saat pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). E-book yang dikembangkan menggunakan aplikasi book creator. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap e-book yang dikembangkan, diperoleh rata- rata persentase sebesar 76,29% kriteria tinggi pada aspek kesesuaian isi. Pada aspek konstruksi sebesar 82,95%, keterbacaan sebesar 82,22%, dan kemenarikan sebesar 83,8%, ketiganya memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan guru terhadap terhadap aspek kesesuaian isi materi sebesar 86,67%, keterbacaan sebesar 85,6%, dan kemenarikan sebesar 86,8%, ketiganya memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan sebesar 84,5% dan kemenarikan sebesar 83,9%, keduanya memiliki kriteria sangat tinggi. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa e-book yang dikembangkan valid. Education in Indonesia has changed from offline learning to online learning because of the corona virus. The corona virus has been endemic in Indonesia since early March 2020. The COVID-19 pandemic has changed various aspects of human life, including in the field of education. This condition causes all elements of education to utilize ICT for use in the learning process. One of the uses of ICT can be applied to the development of learning resources. The learning process during the pandemic requires learning resources that are interesting, fun, and in accordance with the applicable curriculum. This research is a type of development research that aims to describe the validity, teacher responses, and student responses to e-books on chemical equilibrium subject for online learning during the covid-19 pandemic. The research method used is the Research and Development (R&D) method. E-book developed using book creator application. Based on the results of expert validation of the developed e-book, an average percentage of 76.29% was obtained with high criteria in the aspect of content suitability. In the construction aspect of 82.95%, readability of 82.22%, and attractiveness of 83.8%, all three have very high criteria. The results of the teacher's response to the suitability aspect of the material content are 86.67%, readability is 85.6%, and attractiveness is 86.8%, all three have very high criteria. The results of students' responses to the readability aspect were 84.5% and attractiveness was 83.9%, both of which had very high criteria. From the research results it can be stated that the e-book developed is valid. Key words : E-book, chemical equilibrium, book creator, covid-19 pandemic.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 20 May 2022 07:26
Terakhir diubah: 20 May 2022 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61435

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir