PENGEMBANGAN DESAIN SKENARIO PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA

Irni Fitri, 1713041024 (2021) PENGEMBANGAN DESAIN SKENARIO PEMBELAJARAN BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing (15).pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing (14).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing (14).pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan desain skenario pembelajaran berorientasi higher order thinking skills (HOTS) pada pembelajaran teks laporan hasil observasi (LHO) kelas X SMA dan kelayakannya sebagai skenario pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan desain skenario pembelajaran berorientasi higher order thinking skills (HOTS) pada pembelajaran teks laporan hasil observasi (LHO) Kelas X SMA dan kelayakannya sebagai skenario pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RND). Metode ini diadopsi dari teori Borg and Gall dengan menggunakan 6 tahapan yaitu, (1) observasi dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan (perancangan produk), (3) pelaksanaan (pengembangan produk), (4) uji produk (5) revisi produk, dan (6) desain produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk wawancara dan kuesioner (angket). Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif yang diperoleh dari wawancara studi pendahuluan dan kuesioner hasil validasi. Hasil penelitian ini berupa desain skenario pembelajaran yang disusun dengan berorientasi pada higher order thinking skills (HOTS) pada teks laporan hasil observasi kelas X SMA yang secara umum sudah layak digunakan pada proses pembelajaran. Skenario pembelajaran tersebut memuat kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang disusun dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis, berpikir kreatif, problem solving dan membuat keputusan. Kelayakan dari desain skenario ini diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi dan praktisi. Hasil validasi dari dosen ahli materi didapatkan skor rata-rata 3,60 dengan presentase 90,0% kategori sangat layak sedangkan uji praktisi didapatkan skor rata-rata 3,63 dengan presentase 90,9% kategori sangat layak. Kata kunci : pengembangan,desain, skenario, hots, teks lho. The problem in this research is how to develop a learning scenario designs oriented to higher order thinking skills (HOTS) in the learning of observation to report texts (LHO) for X SMA class and its feasibility as a learning scenario. This study aims to describe the development of learning scenario designs oriented to higher order thinking skills (HOTS) in the learning of observation to report texts (LHO) for X SMA Class and its feasibility as a learning scenario. The method used in this research is Research and Development (RND). This method was adopted from the theory of Borg and Gall by using 6 stages, namely, (1) observation and information collection, (2) planning (product design), (3) implementation (product development), (4) product testing (5) product revision. , and (6) product design. Data collection techniques in this study were in the form of interviews and questionnaires (questionnaire). The data in this study are qualitative data obtained from preliminary study interviews and validation questionnaires. The results of this study are in the form of a learning scenario design that is oriented towards higher order thinking skills (HOTS) in the report text of the observations of X SMA class which are generally suitable for use in the learning process. The learning scenario contains preliminary, core and closing activities that are oriented towards higher-order thinking skills such as critical thinking, creative thinking, problem solving and decision making. The feasibility of this scenario design is obtained from the validation results carried out by material expert validators and practitioners. The validation results from material expert lecturers obtained an average score of 3.60 with a percentage of 90.0% in the very feasible category, while the practitioner test obtained an average score of 3.63 with a percentage of 90.9% in the very feasible category. Keywords: development, design, scenario, hots, text.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 20 May 2022 07:47
Terakhir diubah: 20 May 2022 07:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61444

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir