Novvia Mega Puspita, 1823022013 (2021) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN KEMAGNETAN UNTUK MENSTIMULUS HOTS BAGI SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
NOVVIA_MPF_ABSTRAK - Novvia Mega Puspita.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS_NOVVIA_MPF_LENGKAP - Novvia Mega Puspita.pdf Restricted to Hanya staf Download (3313Kb) |
||
|
File PDF
TESIS_NOVVIA_MPF_TANPA PEMBAHASAN - Novvia Mega Puspita.pdf Download (2010Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan m-learning dengan pendekatan saintifik sebagai suplemen pembelajaran kemagnetan untuk menstimulus HOTS siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang memuat lima tahap penelitian yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap implementasi sampel penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Airnaningan Kabupaten Tanggamus, sampel diambil secara cluster random sampling yaitu peserta didik kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan tahap validasi isi dan desain yang dilakukan oleh ahli dan praktisi, diperoleh rata-rata 3,48 dan dinyatakan sangat valid. Selanjutnya kepraktisan produk yang ditunjukkan melalui respon respon siswa dengan ini rata-rata keterbacaan 3,41 dan kemudahan 3,52 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan efektivitas keterampilan HOTS yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest keterampilan HOTS pada materi kemagnetan dengan nilai NGain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol dan nilai effect size 0,27 dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa m-learning dengan pendekatan saintifik sebagai suplemen pembelajaran kemagnetan efektif untuk menstimulus HOTS siswa SMA. Kata kunci: M-learning, Pendekatan Saintifik, Suplemen pembelajaran, Kemagnetan, Stimulus, HOTS
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 23 May 2022 02:00 |
Terakhir diubah: | 23 May 2022 02:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61498 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |